PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER QIROAH DI MTS AR-RAHMAN PONDOK PESANTREN AR-RAHMAN PALEMBANG

Robandi, Robandi (2023) PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER QIROAH DI MTS AR-RAHMAN PONDOK PESANTREN AR-RAHMAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI Robandi 1930203199.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 SKRIPSI Robandi 1930203199.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 SKRIPSI Robandi 1930203199.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4 Robandi 1930203199.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 SKRIPSI Robandi 1930203199.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudunl “Pelaksanaan Ekstrakurikuler Qiro’ah Di MTs Ar-Rahman Pondok Pesantren Ar-Rahman Palembang”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan ekstrakurikuler Qiro’ah di MTs Ar-Rahman Pondok Pesantren Ar-Rahman Palembang dan untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler Qiro’ah di MTs Ar-Rahman Pondok Pesantren Ar-Rahman Palembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan yaitu, Pembina, Kepala MTs, Wakil Kesiswaan, dan Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Qiro’ah. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik yang digunakan dalam analisis data ialah reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler Qiro’ah di MTs Ar-Rahman Pondok Pesantren Ar-Rahman Palembang memiliki maksud yang baik dalam memberantas buta aksara Al-Qur’an terhadap siswa, menjadikan siswa sebagai penghafal Al-Qur’an, dan menjadai garda terdepan di lingkungan masyarakat sebagai siswa yang memiliki nuansa berpendidikan keagamaan yang ciri khasnya madrasah dan pesantren. Bahwa terdapat beberapa indikator dalam pelaksanaan yaitu penyusunan jadwal yang sudah berjalan dengan baik karena dalam kegiatan ekstrakurikuler Qiro’ah selalu diterapkan untuk menyusun jadwal bersama Kepala MTs, wakil kesiswaan maupun pembina ekstrakurikuler Qiro’ah. Kemudian melakukan pengadaan sarana dan prasarana dengan baik oleh Kepala MTs, wakil kesiswaan maupun pembinanya ekstrakurikuler Qiro’ah, pembinaan dan strategi ini bisa menentukan berhasil tidaknya ekstrakurikuler Qiro’ah. Kemudian adanya penetapan alat penilaian dan evaluasi dalam ekstrakurikuler Qiro’ah, mengatur tempat yang sesuai dalam ekstrakurikuler Qiro’ah Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan ektrakurikuler Qiro’ah ini ialah adanya semangat siswa yang tinggi, memiliki rasa tanggung jawab bersama. Adapun faktor penghambatnya ialah sumber daya manusia (SDM) ekstrakurikuler Qiro’ah yang kurang, dan kurangnya perhatian terhadap pendanaan, serta sarana dan prasarana pada ekstrakurikuler Qiro’ah tersebut. Kata Kunci: Pelaksanaan Ekstrakurikuler Qiroah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Ekstrakurikuler Qiroah.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: ROBANDI 1930203199
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:46
Last Modified: 29 Sep 2023 03:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31149

Actions (login required)

View Item View Item