PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA KARANG BARU KECAMATAN SUMBER MARGA TELANG DALAM BINGKAI TRADISI ARISAN (PADA ANGGOTA MAJELIS BABUSALLAM)

Merana, Cantika (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA KARANG BARU KECAMATAN SUMBER MARGA TELANG DALAM BINGKAI TRADISI ARISAN (PADA ANGGOTA MAJELIS BABUSALLAM). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
FULL BAB MERANA CANTIKA..pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Arisan dan Majelis Taklim merupakan kegiatan yang telah dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu. Kedua kegiatan ini memiliki nilai sosial dan budaya yang penting bagi masyarakat Indonesia, khususnya di Desa Karang Baru, yang merupakan salah satu desa di Indonesia yang masih mempertahankan tradisi ini. Tradisi arisan dan majelis taklim dapat memberdayakan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan, antara lain: meningkatkan keterampilan ekonomi melalui usaha kecil-kecilan yang dilakukan bersama, memperkuat hubungan sosial dan mempererat tali persaudaraan antar warga, meningkatkan pengetahuan agama dan moralitas, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan sosial dan keagamaan di desa. Dalam upaya untuk memperkuat pemberdayaan masyarakat melalui tradisi arisan dan majelis taklim, diperlukan upaya kolaboratif antara masyarakat, pemerintah, dan lembaga terkait. Pemerintah dan lembaga terkait dapat memberikan dukungan finansial, fasilitas, dan promosi kegiatan. Kata Kunci : Arisan, Majelis Taklim, Pemberdayaan Masyarakat, Ekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Arisan, Majelis Taklim, Pemberdayaan Masyarakat, Ekonomi.
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Merana Cantika -
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:39
Last Modified: 04 Oct 2023 01:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31158

Actions (login required)

View Item View Item