PENERAPAN AKAD MURABAHAH DALAM PEMBIAYAAN KREDIT USAHA RAKYAT DI BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU TUGUMULYO

FIRMAN JAYA, MUHAMAD ARIF (2023) PENERAPAN AKAD MURABAHAH DALAM PEMBIAYAAN KREDIT USAHA RAKYAT DI BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU TUGUMULYO. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Penerapan Akad Murabahah dalam Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tugumulyo” memiliki rumusan masalah yaitu, bagaimana penerapan akad Murabahah dalam pembiayaan dana Kredit Usaha Rakyat di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tugumulyo, apa penyebab tidak tercapainya target nasabah pada sektor perdagangan, dan apa solusi yang akan dilakukan Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tugumulyo agar sektor perdagangan mencapai target. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penyajian secara deskriptif. Proses pengumpulan data dengan cara wawancara. Setelah data didapat maka akan dianalisis tentang pelaksanaan pembiayaan dana KUR melalui akad Murabahah di Bank Syariah Indonesia KCP Tugumulyo. Hasil dari penelitian ini adalah mekanisme akad Murabahah dalam produk pembiayaan dimulai dari melengkapi persyaratan dalam pengajuan pembiayaan Murabahah BSI KCP Tugumulyo. Tahapan alur proses pembiayaan dimulai dari inisiasi, pengumpulan data, evaluasi pembiayaan, keputusan pembiayaan dan akad pembiayaan. Kendala dalam ketidak tercapainya target nasabah dalam sektor perdagangan yaitu calon nasabah yang mengajukan pembiayaan KUR sudah memiliki fasilitas pembiayaan di Bank lain dengan tujuan modal kerja dan identitas calon nasabah yang belum terdaftar di Dukcapil secara online dan juga kurangnya pengetahuan masyarakat tentang produk pembiayaan KUR di Bank Syariah. Solusi yang dilakukan oleh pihak Bank salah satunya memperluas jaringan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat, selain itu juga pihak Bank juga berencana untuk melakukan pengembangan pada produk agar tidak kalah dengan produk pembiayaan KUR yang ada pada Bank Konvensional dan juga menerapkan strategi market mix.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kredit Usaha Rakyat, Murabahah
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: MUHAMMAD ARIF FIRMANJAYA 1830603211
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:46
Last Modified: 29 Sep 2023 03:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31162

Actions (login required)

View Item View Item