ANALISIS HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP JUAL BELI TANAH LIAT SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN BATU BATA (STUDI KASUS DESA BANUMAS, KABUPATEN OKU TIMUR)

IKASSA, MOZZA AMANDA (2023) ANALISIS HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP JUAL BELI TANAH LIAT SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN BATU BATA (STUDI KASUS DESA BANUMAS, KABUPATEN OKU TIMUR). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Jual beli tanah liat untuk bahan baku pembuatan batu bata di Desa Banumas merupakan salah satu sumber pendapatan warga di Desa ini, sistem jual beli tanah liat yang dipakai warga secara turun temurun dengan menggunakan sistem angkut bak mobil Dum truck dan Pick up (Ret). Mobil pick up dan dum truck merupakan sarana mengangkut tanah liat sekaligus juga dipakai sebagai alat ukur tanah liat yang diperjual belikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati dan menganalisis tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap sistem Jual beli tanah liat yang mengcakup sistem takaran angkut tanah liat di Desa Banumas. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian in adalah penelitian lapangan (field Research). Adapun jenis data yang dipakai adalah data kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik jual beli tanah liat di Desa Banumas ini memiliki unsur ketidakjelasan dalam takaran angkut tanah liat yang membuat pihak pembeli merasa dirugikan karena takaran tanah liat yang tidak konsisten saat diangkut. serta adanya rasa keterpaksaan pembeli menerima sistem jual beli tanah liat, pembeli terpaksa menerima sistem jual beli tanah liat tersebut karena mereka membutuhkan tanah liat sebagai bahan baku pembuatan batu bata. Karena itulah dapat disimpulkan praktik jual beli tanah liat untuk bahan baku pembuatan batu bata ini belum memenuhi unsurunsur sah jual beli menurut ketentuan Hukum Islam dan Hukum Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Jual beli, Tanah Liat, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: MOZZA AMANDA IKASSA 1810104042
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:46
Last Modified: 29 Sep 2023 03:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31164

Actions (login required)

View Item View Item