Pertanggungjawaban Pidana Korporasi Bagi Perusahaan Batubara Yang Melakukan Pencemaran Lingkungan Dalam Perspektif Hukum Pidana Islam (Studi Di Kelurahan Kertapati)

Arsyillah, Indah (2023) Pertanggungjawaban Pidana Korporasi Bagi Perusahaan Batubara Yang Melakukan Pencemaran Lingkungan Dalam Perspektif Hukum Pidana Islam (Studi Di Kelurahan Kertapati). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
INDAH ARSYILLAH S1-HUKUM PIDANA ISLAM.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pertanggungjawaban Pidana Korporasi Bagi Perusahaan Batubara Yang Melakukan Pencemaran Lingkungan Dalam Perspektif Hukum Pidana Islam (Studi Di Kelurahan Kertapati)”. yang dilatar belakangi adanya dampak pencemaran lingkungan yang dirasakan masyarakat, yang disebabkan oleh beberapa perusahaan-perusahaan batubara yang ada di Kelurahan Kertapati. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Apa Sanksi Korporasi Bagi Perusahaan Yang Melakukan Pencemaran Lingkungan). 2) Bagaimana Pandangan Hukum Pidana Islam Terhadap Perusahaan Yang Melakukan Pencemaran Lingkungan). Sedangkan tujuan penelitian ini antara lain adalah: Menelusuri Dan Menganalisis Tentang Bagaimana Pertanggungjawaban Pidana Korporasi Bagi Perusahaan Batubara Yang Melakukan Pencemaran Lingkungan dan untuk Mengetahui Bagaimana Pandangan Hukum Pidana Islam Terhadap Perusahaan Yang Melakukan Pencemaran Lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data yang dilakukan dengan metode wawancara dengan mengkaji terhadap Undang-undang dan sumber lainnya yang berkaitan dengan objek kajian. Penulis menganalisis yuridis empiris data yang diperoleh dari hasil penelitian wawancara guna mendapatkan suatu kesimpulan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya sanksi pidana bagi koporasi bagi perusahaan batubara yang melakukan pencemaran lingkungan menurut Pasal 116 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, dapat dikenakan terhadap badan usaha atau orang yang memberikan perintah untuk melakukan tindakan pidana tersebut dan untuk sanksi yang seharusnya bagi perusahaan batubara tersebut selain denda, penyitaan serta berbagai larangan bagi korporasi merupakan sanksi yang dianggap efektif. Sedangkan dalam hukum pidana Islam, Dilihat dari pandangan hukum pidana Islam akibat dan dampak negatif yang timbul dari perusahaan batubara maka dalil yang digunakan dalam menentukan hukum adalah dengan Syadz al-dzari’ah dan perbuatan perusak lingkungan dalam hukum Islam dapat diancam dengan sanksi berupa ta’zir, yang bentuk dan macam sanksinya diserahkan kepada pemerintah atau penguasa sesuai dengan tingkat kejahatan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Kata Kunci : Pertanggungjawaban Pidana Korporasi, Perusahaan Batubara, Hukum Pidana Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: INDAH ARSYILLAH 1720103049
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:27
Last Modified: 02 Oct 2023 01:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31241

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item