TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PERUBAHAN PERJANJIAN BAGI HASIL PADA PENGELOLAAN USAHA PERTAMBAKAN UDANG (STUDI KASUS DESA BUMI PRATAMA MANDIRA, KECAMATAN SUNGAI MENANG, KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR)

Nurhaliza, Malinda (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PERUBAHAN PERJANJIAN BAGI HASIL PADA PENGELOLAAN USAHA PERTAMBAKAN UDANG (STUDI KASUS DESA BUMI PRATAMA MANDIRA, KECAMATAN SUNGAI MENANG, KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI MALINDA NURHALIZA.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK MALINDA NURHALIZA.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI BAB 1 MALINDA NURHALIZA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB 2 MALINDA NURHALIZA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB 3 MALINDA NURHALIZA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB 4 MALINDA NURHALIZA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB 5 MALINDA NURHALIZA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA MALINDA NURHALIZA.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Kerjasama yang terjadi di Desa Bumi Pratama Mandira merupakan kerjasama yang dilakukan dalam bidang pengelolaan lahan tambak untuk budidaya udang antara pemodal (shahibul maal) dengan pengelola (mudharib). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perubahan perjanjian bagi hasil dalam pengelolaan usaha pertambakan udang di Desa Bumi Pratama Mandira dan bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap perubahan perjanjian bagi hasil pada pengelolaan usaha pertambakan udang di Desa Bumi Pratama Mandira. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terjadi perubahan perjanjian bagi hasil dalam pengelolaan usaha pertambakan udang di Desa Bumi Pratama Mandıra dan untuk mengetahui tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap perubahan perjanjian bagi hasil pada pengelolaan usaha pertambakan udang di Desa Bumi Pratama Mandira. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau field research, dengan jenis data kualitatif. Sumber data yang digunakan ialah data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara interview dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian penulis, bahwa dengan perubahan sepihak yang dilakukan pihak pemodal, maka pihak pengelola terpaksa menerima perubahan persentase bagi hasil dengan alasan tidak ingin kehilangan pekerjaannya. Menurut tinjauan Hukum Ekonomi Syariah, praktik kerja sama yang terjadi di Desa Bumi Pratama Mandira merupakan kerja sama yang tidak sah dan dilarang oleh Islam, karena dalam akadnya belum memenuhi asas perjanjian yaitu keadilan, kedudukan yang sama antara kedua belah pihak dan kerelaan Ketika asas ini tidak terpenuhi, maka mengakibatkan batal atau tidak sahnya akad tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Akad, Perjanjian, Bagi Hasil dan HES
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: MALINDA NURHALIZA 1920104068
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:27
Last Modified: 02 Oct 2023 01:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31250

Actions (login required)

View Item View Item