PERAN DINAS PARIWISATA KOTA PALEMBANG SUB. BIDANG PROMOSI DAN PEMASARAN TERHADAP POTENSI WISATA KULINER HALAL PALEMBANG

Adelia, Risya (2023) PERAN DINAS PARIWISATA KOTA PALEMBANG SUB. BIDANG PROMOSI DAN PEMASARAN TERHADAP POTENSI WISATA KULINER HALAL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi Risya Adelia.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text
Bab 1 (RisyaAdelia).pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2 (Risya Adelia).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 (Risya Adelia).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 (Risya).pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 (Risya).pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Peran Dinas Pariwisata Kota Palembang Sub. Bidang Promosi dan Pemasaran Terhadap potensi Wisata Kuliner Halal Palembang RISYA ADELIA 1920602046 Produk pariwisata merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan kepada para wisatawan lokal maupun mancanegara. Promosi pariwisata berhubungan dengan aktivitas komunikasi serta publikasi yang bertujuan membangun citra tentang kepariwisataan. Semakin berkembang dan majunya sektor pariwisata terutama pada kuliner, maka semakin tinggi juga tingkat persaingan antar usaha di Kota Palembang. Tingkat persaingan tersebut membutuhkan strategi karena konsumen yang saat ini sangat kritis dalam memilih produk, apalagi masyarakat Indonesia mayoritas beragama Islam, maka perlu bagi penjual dan pembuat produk untuk mempertahankan kualitas dan memberikan kehalalan dalam produk yang dijual agar dapat menarik minat wisatawan muslim. Peran dari Dinas Pariwisata Kota Palembang terutama dalam mempromosikan kuliner halal Palembang sangatlah penting untuk mengenalkan potensi wisata kuliner Palembang, hal tersebut salah satu kegiatan yang efektif untuk menarik wisatawan agar dapat berkunjung. Rumusan penelitian ini adalah 1) Bagaiamana Potensi wisata kuliner halal di Kota Palembang? 2) Bagaiamana Peran Dinas Pariwisata Kota Palembang Sub.Bidang Promosi dan Pemasaran Terhadap Potensi Wisata Kuliner Halal Palembang?. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif. Penggalian data dilakukan dengan 2 teknik yaitu 1) Wawancara dengan responden terpilih dan 2) Dokumentasi. Responden penelitian diambil dengan Purposive Sampling yaitu Informan Kunci dan Informan Pendukung dari Dinas Pariwisata Kota Palembang Sub.Bidang Promosi dan Pemasaran yang bersangkutan serta masyarakat (wisatawan). Wisata kuliner Halal di Kota Palembang telah sesuai dengan 4 indikator potensi yaitu (1) atraksi yang dinilai dari adanya wilayah yang ditentukan seperti Benteng Kuto Besak (BKB), Sekanak Lambidaro, Sentral Kampung Pasar 26 Ilir (pempek 26 Ilir); (2) Pasar Wisata yang ada di kota Palembang seperti di Pasar 26 Ilir, Dermaga 16 Ilir, dan Pendestrian Sudirman; (3) transportasi yang ada dapat membantu wisatawan dalam mengunjungi tempat-tempat yang dituju; (4) Masyarakat Kota Palembang juga turut membantu dalam pelayanan dan mendukung peningkatan dalam menjual produk kuliner Palembang. Pada hal tersebut, masih ada ditemukan masalah bahwa pemerintah harus memberikan fasilitas dalam meningkatkan kuliner halal Palembang dengan memperkuat kesiapan-kesiapan pada infrastruktur akses transportasi, amenitas, dan atraksinya agar masyarakat yang menjual produk kuliner dapat terbantu dan dapat menjual produk kuliner Palembang bukan di saat hari tertentu saja tapi bisa di hari biasa karena hal tersebut akan membantu melestarikan produk kuliner yang dijual. Peran Dinas Pariwisata Kota Palembang Sub.Bidang Promosi dan Pemasaran Terhadap Potensi Wisata Kuliner Halal Palembang adalah dengan menggunakan media sosial dan bentuk kegiatan program terstruktur. Bentuk kegiatan promosi tersebut, seperti Instagram, Facebook, Youtube Channel, dan Website, lalu ada program Makan galo, Besanjo, dan Expo, dimana hal itu untuk mempromosikan potensi wisata kuliner halal Palembang. Dinas Pariwiata Kota Palembang memiliki program kerja event atau kalender event yang bernama Calender Of Charming Event yang dapat membantu dalam mempromosikan dan melestarikan mengenai Pariwisata di Kota Palembang terutama Kuliner Palembang, tetapi promosi tersebut masih ditemukan masalah bahwa yang dilakukan belum menyeluruh diketahui oleh masyarakat, apalagi promosi mengenai makanan khas Palembang atau kuliner halal Palembang masih belum keseluruhan dari semua berbagai macam makanan atau produk kuliner Palembang. Kata Kunci : Peran Dinas Pariwisata Kota Palembang, Potensi Wisata Kuliner Halal, Promosi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran Dinas Pariwisata Kota Palembang, Potensi Wisata Kuliner Halal, Promosi
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Kumpulan Karya Umum, Kutipan, Koleksi Abstrak Umum
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Risya Adelia -
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:00
Last Modified: 02 Oct 2023 08:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31274

Actions (login required)

View Item View Item