Implementasi Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia (PERMA) Nomor 3 Tahun 2022 Tentang mediasi Elektronik (Studi kasus di Pengadilan Agama Kelas 1b Sekayu)

FADILA, NAILA IFA (2023) Implementasi Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia (PERMA) Nomor 3 Tahun 2022 Tentang mediasi Elektronik (Studi kasus di Pengadilan Agama Kelas 1b Sekayu). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
ABSTRAK (NAILA IFA F).docx
Restricted to Registered users only

Download (16kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I (NAILA IFA F).docx
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II (NAILA IFA F).docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (NAILA IFA F).docx
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (NAILA IFA F).docx
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (NAILA IFA F).docx
Restricted to Registered users only

Download (20kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (NAILA IFA F).docx
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan angka perceraian masih banyak terjadi karena dianggap sebagai jalan yang legal formal untuk mengatasi konflik perkawinan. Masa pandemi saat ini, mediasi yang dilakukan di Pengadilan Agama Kelas 1B Sekayu tidak selalu dihadiri oleh kedua belah pihak secara langsung, adakala pihak diwakili oleh kuasanya untuk menghadiri mediasi Hal ini dapat mempengaruhi kehadiran para pihak khususnya pihak Tergugat/ Termohon. Salah satu pihak dengan berat hati tidak dapat hadir dalam proses mediasi tersebut dan diwakilkan oleh kuasanya, sehingga mediator tidak dapat bertemu secara langsung atau berkomunikasi secara langsung dengan yang bersangkutan. Akibatnya proses mediasi berjalan dengan tidak maksimal. Semakin berkembangnya teknologi, seorang yang berjarak jauh sudah bisa saling berbicara dan bertatap muka melalui media teknologi. Melalui teknologi internet danmenggunakan media smartphone yang memiliki berbagai fitur komunikasi, sehingga proses komunikasi antara manusia dengan manusia maupun dengan sebuah lembaga menjadi lebih mudah. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan sumber pengambilan data dari lapangan (Field Research). Sumber data dari penelitian ini terdiri dari sumber data primer berupa wawancara dengan berbagai pihak diantaranya Hakim, mediator dan panitera muda di Pengadilan Agama Kelas 1B Sekayu serta dokumentasi. Sumber data sekunder berupa buku, peraturan perundang-undangan dan hasil riset sebelumnya. Sedangkan sumber data tersier berupa kamus. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan pertama, Implementasi PERMA Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Mediasi Eletronik di Pengadilan Agama Kelas 1B Sekayu telah terlaksana dengan baik dan sudah dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada di PERMA Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Mediasi Elektronik Mediasi elektronik di Pengadilan Agama Kelas 1B Sekayu sangat diuntungkan karena masyarakat dapat berkomunikasi secara virtual, sehingga pihak yang tidak hadir secara fisik dapat mendengarkan mediasi tersebut. Jarak tidak menjadi alasan untuk ketidakhadiran seseorang. Kedua, berdasarkan Faktor-faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Mediasi Elektronik di Pengadilan Agama Kelas 1B Sekayu ada 2 faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung Implementasi Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia (PERMA) Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Mediasi Elektronik di Pengadilan Agama Kelas 1B Sekayu yaitu sumber daya manusia yang sudah mumpuni dengan latar belakang pendidikan yang sesuai dan menunjang untuk pelaksanaan peraturan tersebut, Kemudian faktor penghambatnya yaitu salah satunya Mediasi elektronik ini tentu saja membutuhkan media dan Sinyal yang bagus untuk mendukung agar mediasi berjalan dengan baik, jika sinyal yang digunakan kurang bagus maka komunikasi antara para pihak sulit untuk saling dimengerti. Kata Kunci: Implementasi, Mediasi Elektronik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Mediasi Elektronik
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: NAILA IFA FADILA 1820101068
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:07
Last Modified: 03 Oct 2023 02:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31299

Actions (login required)

View Item View Item