Pelaksanaan Gadai Sawah Dalam Peespektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Di Desa Tanjung Bulan Kecamatan Buay Madang Kabupaten OKU Timur)

Safitri, Mila (2023) Pelaksanaan Gadai Sawah Dalam Peespektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Di Desa Tanjung Bulan Kecamatan Buay Madang Kabupaten OKU Timur). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Halaman judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan gadai sawah di Desa Tanjung Bulan Kecamatan Buay Madang Kabupaten OKU Timur dalam perspektif ekonomi. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi,teknik studi pustaka dan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan gadai sawah di Desa Tanjung Bulan Kecamatan Buay Madang Kabupaten OKU Timur dilakukan karena adanya persoalan ekonomi yang mendesak. Praktiknya sudah memenuhi rukun dan syarat gadai. Akan tetapi, tidak adanya bukti secara tertulis/saksi. Terbatasnya pengetahuan masyarakat mengenai tata cara pelaksanaan gadai sehingga praktik gadai yang dilakukan masih belum sesuai dengan prinsip Islam sebab adanya pemanfaatan barang gadai secara utuh oleh pihak penerima gadai (murtahin) yang mengakibatkan pihak pemberi gadai (rahin) kehilangan matapencarian utamanya. Oleh karena itu, solusi yang ditawarkan Islam dalam permasalahan ini yaitu melaksanakan praktik gadai dengan melakukanAkad Bai’al Murabahah, Akad al-Mudharabah, ataupun Aqad Qardhul Hasan. Kata kunci: Gadai,Perspektif Ekonomi, Akad.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Gadai, Perspektif Ekonomi, Akad
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: MILA SAFITRI 1930602246
Date Deposited: 04 Oct 2023 01:05
Last Modified: 04 Oct 2023 01:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31328

Actions (login required)

View Item View Item