MANAJEMEN STRATEGI DEWAN KEMAKMURAN MASJID AGUNG BAITUL MAKMUR DALAM OPTIMALISASI FUNGSI MASJID DI DESA TANJUNG KEPUTRAN KECAMATAN PLAKAT TINGGI KABUPATEN MUSI BANYUASIN

ROMLI, MUHAMAD (2023) MANAJEMEN STRATEGI DEWAN KEMAKMURAN MASJID AGUNG BAITUL MAKMUR DALAM OPTIMALISASI FUNGSI MASJID DI DESA TANJUNG KEPUTRAN KECAMATAN PLAKAT TINGGI KABUPATEN MUSI BANYUASIN. MANAJEMEN STRATEGI DEWAN KEMAKMURAN MASJID AGUNG BAITUL MAKMUR DALAM OPTIMALISASI FUNGSI MASJID DI DESA TANJUNG KEPUTRAN KECAMATAN PLAKAT TINGGI KABUPATEN MUSI BANYUASIN, Vol.1 (No. 1). pp. 176-183. ISSN 2656-1050 (Unpublished)

[img]
Preview
Text
A SKRIPSI MUHAMAD ROMLI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Manajemen Strategi Dewan Kemakmuran Masjid Agung Baitul Makmur dalam Optimalisasi Fungsi Masjid di desa Tanjung keputran kecamatan Plakat Tinggi kabupaten Musi Banyuasin”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen strategi dewan kemakmuran masjid Agung Baitul Makmur dalam optimalisasi fungsi masjid di desa Tanjung Keputran kecamatan Plakat Tinggi kabupaten Musi Banyuasin?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Menggunakan data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan peneliti ialah teori dari Fred r david yaitu perencanaan strategi, implementasi startegi, dan evaluasi strategi. Hasil penelitian ini, manajemen strategi dewan kemakmuran masjid Agung Baitul Makmur desa Tanjung Keputran kecamatan Plakat Tinggi kabupaten Musi Banyuasin melakukan dengan terlebih dahulu merencanakan strategi, melaksanakan strategi, serta mengevaluasi dan mengkoreksi strategi. Sebagaimana strategi yang dewan kemakmuran masjid lakukan diantaranya melakukan koordinasi kepada seluruh anggota dewan kemakmuran masjid untuk melakukan penetapan kegiatan, penetapan materi, penetapan jadwal, penetapan pembimbing atau pengajar, dan menentukan metode pembelajaran dan kajian, dan juga melakukan pendekatan langsung kepada masyarakat. Akan tetapi yang menjadi faktor penghambat dari penelitian ini ialah pengorganisasian DKM, beberapa anggota DKM yang tidak bisa hadir dalam kegiatan dan tidak bisa melaksanakan tugasnya karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan, terkendala dari jarak dan lokasi dan juga kurang nya jamaah yang hadir dalam kegiatan di masjid. Kata Kunci: Manajemen Strategi, Optimalisasi, Dan Fungsi Masjid.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen Strategi, Optimalisasi, Dan Fungsi Masjid.
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah
Depositing User: MUHAMMAD ROMLI 1930504075
Date Deposited: 04 Oct 2023 01:05
Last Modified: 04 Oct 2023 01:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31348

Actions (login required)

View Item View Item