ANALISIS KONTRIBUSI BANK WAKAF MIKRO DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN AULIA CENDEKIA PALEMBANG

YUNANDA, RUKAYYAH (2023) ANALISIS KONTRIBUSI BANK WAKAF MIKRO DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN AULIA CENDEKIA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Bank Wakaf Mikro merupakan Lembaga Keuangan Mikro Syariah yang terdaftar dan dilindungi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan dasar hukum pendiriannya koperasi yang bertujuan menyediakan akses pemodalan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada lembaga keuangan formal. Bank Wakaf Mikro merupakan pilot project dalam mengembangkan akses jasa keuangan di lingkungan pondok pesantren. Bank Wakaf Mikro berperan untuk memberdayakan komunitas disekitar pondok pesantren dengan mendorong pengembangan bisnis mereka melalui pemberian pinjaman dana tanpa memerlukan agunan untuk kelompok-kelompok bisnis masyarakat yang produktif. Penelitian ini dilakukan di Bank Wakaf Mikro Aulia Cendekia Palembang dengan judul “Analisis Kontribusi Bank Wakaf Mikro Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah Di Lingkungan Pondok Pesantren Aulia Cendekia Palembang” dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kontribusi dari pembiayaan yang diberikan Bank Wakaf Mikro dalam pemberdayaan usaha mikro masyarakat di lingkungan Pondok Pesantren Aulia Cendekia Palembang adalah terjadi adanya peningkatan jumlah produksi/jumlah penjualan, terjadi adanya peningkatan pendapatan/laba usaha, dan terjadi adanya peningkatan kondisi perekonomian yang kemudian ikut meningkatkan kondisi perekonomian dari nasabah, meskipun mengalami peningkatan namun peningkatan yang terjadi tidak besar. Kontribusi dari pendampingan usaha yang dilakukan Bank Wakaf Mikro dalam perkembangan usaha mikro masyarakat di lingkungan Pondok Pesantren Aulia Cendekia Palembang adalah para nasabah sedikit banyak telah mendapatkan pendampingan tentang ilmu kewirausahaan dan ilmu spiritualitas dan religiusitas keagamaan. Kata kunci : Bank Wakaf Mikro, pembiayaan qardh, pendampingan usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bank Wakaf Mikro, pembiayaan qardh, pendampingan usaha
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: RUKAYYAH YUNANDA 1830604093
Date Deposited: 04 Oct 2023 01:05
Last Modified: 04 Oct 2023 01:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31350

Actions (login required)

View Item View Item