Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Serai (Cymbopogon citratus) Sebagai Bioinsektisida Pembasmi Kutu Beras (Sitophilus oryzae L)

Hikmah, Isnaini Sawalatul (2022) Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Serai (Cymbopogon citratus) Sebagai Bioinsektisida Pembasmi Kutu Beras (Sitophilus oryzae L). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB I Isnaini.docx
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II Isnaini.docx
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Isnaini.docx
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Isnaini.docx
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Isnaini.docx
Restricted to Registered users only

Download (13kB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak Isnaini.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Isnaini.docx

Download (19kB)
[img] Text
Cover.docx

Download (25kB)

Abstract

Kutu beras merupakan hama perusak beras dan segala jenis tepung. Hama ini merusak bahan penyimpanan, sehingga mengubahnya menjadi bubuk atau gumpalan pada berbagai jenis tepung terigu. Pembasmi kutu beras masih menggunakan pestisida sintetik yang menyebabkan dampak negatif pada lingkungan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu dilakukan pembasmian secara alami dengan pestisida nabati tanaman serai, karena daun serai aman bagi lingkungan maka dilakukan penelitian untuk melihat adanya pengaruh pemberian ekstrak daun serai dapur (Cymbopogon citratus) sebagai bioinsektisida pembasmi kutu beras. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun serai dapur (Cymbopogon citratus) dan untuk mengetahui konsentrasi yang tepat pada pemberian ekstrak daun serai dapur (Cymbopogon citratus) sebagai bioinsektisida Pembasmi Kutu Beras. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dan apabila hasilnya signifikan maka akan dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada tingkat kepercayaan 5% yang terdiri dari 4 perlakuan dan 1 kontrol dengan 5 kali pengulangan. Untuk setiap perlakuan yang dilakukan diujikan sebanyak 10 ekor kutu beras. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak daun serai yang efektif adalah pada perlakuan P3 yaitu 15 ml, karena berdasarkan LD50 pada dosis 15 ml mampu membunuh 50% kutu beras dan untuk uji kualitas nasi lebih baik dibandingkan dengan dosis 20 ml. Kata kunci : Daun serai dapur, Bioinsektisida, Kutu beras

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: ISNAINI SAWALATUL HIKMAH 1730801026
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:23
Last Modified: 05 Oct 2023 03:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31412

Actions (login required)

View Item View Item