Pendapat Tokoh Agama Desa Dabuk Rejo dan Desa Bumi Agung Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir Terhadap Fenomena Kawin Cerai

Agustina, Ririn (2023) Pendapat Tokoh Agama Desa Dabuk Rejo dan Desa Bumi Agung Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir Terhadap Fenomena Kawin Cerai. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
A5 RIRIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus perceraian yang terjadi dikalangan para public figure.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana fenomena kawin cerai di Desa Dabuk Rejo Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir, dan bagaimana pendapat para tokoh agama dalam menanggapi fenomena kawin cerai. Jenis penelitian yang akan dilakukan oleh penulis adalah penelitian lapangan (field research). Jenis data yang dipakai oleh penulis adalah data kualitatif dan menghasilkan data yang bersifat deskriptif analisis. Kemudian untuk sumber data primer didapatkan dengan cara wawancara langsung kepada tokoh agama di Desa Dabuk Rejo dan Desa Bumi Agung Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir dan data sekunder diambil dari buku, jurnal dan internet.Dalam penelitian ini, yang dimaksud dengan fenomena kawin cerai ini adalah seseorang yang nikah atau cerai dua kali atau lebih. Fenomena kawin cerai di Desa Dabuk Rejo Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir terjadi karena beberapa faktor, yaitu: agama, ekonomi, hak dan kewajiban, konsep perkawinan dan lingkungan pergaulan. Hukum perceraian dapat berubah sesuai dengan keadaan yang dialami oleh pasangan suami istri. Solusi dari fenomena kawin cerai ini adalah dengan cara memperbanyak ilmu tentang perkawinan, sabar, ikhlas dan selalu berprasangka baik kepada Allah SWT.Berdasarkan hasil penelitian ini, apabila rumah tangga dapat dipertahankan maka hendaknya seseorang harus bisa menghadapinya dengan sabar dan mencari jalan keluar dari setiap permasalahaan dengan damai.Kemudian, untuk permasalah perceraian, apabila tidak dapat diselesaikan, maka hendaknya berkonsultasi kepada pemuka agama atau orang yang mengerti tentang ilmu perkawinan dan tidak memiliki sifat berat sebelah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perkawinan, Perceraian, Tokoh Agama
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: RIRIN AGUSTINA 1730101138
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:49
Last Modified: 09 Oct 2023 02:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31417

Actions (login required)

View Item View Item