TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRADISI TUNANGAN CILIK (STUDI KASUS DESA PAGAR AGUNG KECAMATAN RAMBANG KABUPATEN MUARA ENIM)

AFIFAH, PUTRI RIZKA (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRADISI TUNANGAN CILIK (STUDI KASUS DESA PAGAR AGUNG KECAMATAN RAMBANG KABUPATEN MUARA ENIM). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
PUTRI RIZKA AFIFAH SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tradisi tunangan cilik merupakan tradisi yang turun-temurun di Desa Pagar Agung Kecamatan Rambang Kabupaten Muara Enim. Tradisi ini dilakukan oleh anak laki-laki dan anak perempuan yang belum baligh Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan tradisi tunangan cilik dan tinjauan hukum Islam terhadap tradisi tunangan cilik di Desa tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan atau kualitatif (field research) dengan mengumpulkan data secara langsung berhadapan dengan fenomena yang terjadi dan sumber datanya menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif dengan memaparkan dari hasil wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwasannya pelaksanaan tradisi tunangan cilik memiliki beberapa tahapan yaitu pertama pihak laki-laki datang secara pribadi, kedua pihak laki-laki datang membawa seserahan, ketiga pihak perempuan datang kerumah pihak laki-laki, keempat acara puncak tradisi tunangan cilik (hari nari). Tradisi tunangan cilik ini merupakan sesuatu yang tidak dilarang dalam hukum Islam akan tetapi melihat kepada hal yang menimbulkan mudharat seperti menghabiskan biaya untuk hal yang tidak ada manfaatnya, memberikan dampak negatif yang menimbulkan rasa takut bagi masyarakat, mengeksploitasi anak seolah-olah dijadikan bahan untuk bersenang-senang dan melakukan hal yang sia-sia maka tradisi tunangan cilik ini menjadi hal yang tidak selaras dengan maqashid syari’ah dan tradisi ini dapat dikatakan ‘urf yang fasid atau ‘urf yang batal yaitu ‘urf yang bertentangan dengan syari`ah. Maka dari itu tradisi tunangan cilik ini lebih baik dihindari. Kata Kunci : Tradisi, Tunangan Cilik, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Tradisi, Tunangan Cilik, Hukum Islam.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: PUTRI RIZKA AFIFAH 1920101039
Date Deposited: 16 May 2024 02:19
Last Modified: 16 May 2024 02:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31458

Actions (login required)

View Item View Item