PENUNDAAN KEHAMILAN MENURUT PASAL 26 AYAT 1 PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 87 TAHUN 2014 TENTANG PERKEMBANGAN KEPENDUDUKAN DAN PEMBANGUNAN KELUARGA, KELUARGA BERENCANA, DAN SISTEM INFORMASI KELUARGA PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH

RAIHAN, YAHYA (2023) PENUNDAAN KEHAMILAN MENURUT PASAL 26 AYAT 1 PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 87 TAHUN 2014 TENTANG PERKEMBANGAN KEPENDUDUKAN DAN PEMBANGUNAN KELUARGA, KELUARGA BERENCANA, DAN SISTEM INFORMASI KELUARGA PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
PENGATURAN KB-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengaturan Penundaan Kehamilan adalah penelitian hukum dengan pendekatan (library research) yang terdapat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2014, hal ini dilakukan agar Indonesia mampu menekan angka kematian ibu dan anak akibat dari usia ibu yang belum memasuki ideal untuk melahirkan serta jarak kelahiran yang begitu dekat untuk melahirkan. Perkembangan dan pertumbuhan penduduk haruslah diiringi dengan kuantitas dan kualitas yang baik, dengan kualitas sumber daya manusia yang baik, akan mampu melaksanakan penyelenggaraan negara sesuai dengan tujuan negara Indonesia yang tercantum dalam UUD 1945. Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimana Penundaan Kehamilan Menurut Pasal 26 Ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2014 Tentang Perkembangan Kependudukan Dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana Dan Sistem Informasi Keluarga (2) Bagaimana Perspektif Maslahah Mursalah Tentang Pengaturan Penundaan Kehamilan Yang Terdapat Pada Pasal 26 Ayat 1, Peraturan Pemerintah Tentang Perkembangan Kependudukan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana Dan Informasi Keluarga. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder menggunakan pendekatan dengan sumber hukum yang meliputi bahan hukum primer merupakan bahan hukum yang mengikat, yang berhubungan dengan permasalahan, bahan hukum sekunder yang akan memberi penjelasan terhadap bahan hukum primer, diperoleh dari hasil karya ilmiah berupa Jurnal, ahli dan pakar hukum, buku-buku, website dan referensi lain yang mendukung penelitian ini, dan bahan hukum primer sebagai bahan hukum penunjang yang memberi petunjuk dan penjelasan terhadap bahan primer dan bahan sekunder seperti, majalah, kamus hukum dan kamus Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini (1) Penundaan Kehamilan Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2014 Pasal 26 Ayat 1 dilakukan dapat dilakukan dengan alat dan obat kontrasepsi yang telah disediakan dari program keluarga berencana dengan memerhatikan aspek norma, budaya dan agama. (2) Penundaan Kehamilan Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2014 Pasal 26 Ayat 1 Perspektif Maslahah Mursalah masuk kedalam kategori maslahat hajiyat karena sifatnya menghindarkan kesulitan dan mencegah kerusakan, dengan adanya kb menghindarkan kesulitan bagi para ibu yang belum memasuki usia ideal, ibu yang masih menyusui dan ibu yang sudah melewati batas usia produktif untuk melahirkan, agar menunda kehamilan untuk beberapa waktu agar terhindar dari kematian. Kata Kunci: Penundaan Kehamilan, Usia Ideal Kehamilan Dan Jarak Kelahiran, Maslahah Mursalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penundaan Kehamilan, Usia Ideal Kehamilan Dan Jarak Kelahiran, Maslahah Mursalah.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: YAHYA RAIHAN 1910101008
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:50
Last Modified: 09 Oct 2023 02:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31467

Actions (login required)

View Item View Item