Analisis Framing Pemberitaan Aksi Demo Tolak Omnibus Law Cipta Kerja Di Kota Palembang (Studi Deskriptif Pada Media Tribunpos.com Palembang)

Saputra, Fajar Dwi (2023) Analisis Framing Pemberitaan Aksi Demo Tolak Omnibus Law Cipta Kerja Di Kota Palembang (Studi Deskriptif Pada Media Tribunpos.com Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Slideshow
Cover FDS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini tertarik untuk membahas tentang framing yang dilakukan Tribunpos.com dalam pemberitaan aksi demo tolak UU Omnibuslaw. Pengesehan UU Omnibuslaw menimbulkan pro dan kontra didalam masyarakat. Banyak media berita yang memberitakan aksi demo tolak UU Omnibuslaw yang hampir terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Salah satu tanggung jawab media sebagai sosial control turut serta dalam memberitakan perkembangan isu yang tengah ada didalam masyarakat dengan penuh tanggung jawab dengan penjelasan yang sebenarnya. Memilih Tribunpos.com karena pada pemberitaan tentang aksi tolak UU Omnibuslaw ini cukup intens dengan menerbitkan 12 berita dari awal terjadinya aksi penolakkan. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui bagaimana Tribunpos.com memframing sebuah peristiwa menjadi berita. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif dengan metode dokumentasi. Metode framing yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teori Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki yang mengklasifikasi framing menjadi empat struktur Sintaksis (cara wartawan menyusun fakta), skrip (cara wartawan mengisahkan fakta), tematik (cara wartawan menulis fakta) dan retoris (cara wartawan menekankan fakta). Menemukan bahwa framing Tribunpos.com pada pemberitaan aksi demo mahasiswa menggambarkan aksi penolakan mahasiswa yang dalam tuntutannya massa aksi menggagalkan pengesahan UU Omnibuslaw dan mendesak DPRD provinsi untuk memfasilitasi utusan massa aksi untuk berangkat dan menyampaikan tuntutan kepada DPR-RI dan Presiden Republik Indonesia Jokowidodo. Terjadi kesepakatan antara massa aksi dan pihak DPRD yang tertuang dalam surat kesepakatan DPRD Sumatera Selatan dengan massa aksi menerbitkan surat dengan Nomor 332/01610/DPRD-SS/2020 untuk menyampaikan aspirasi. Konstruksi yang dilakukan Tribunpos.com sudah netral dalam pemberitaan dimana pada pemberitaannya cukup memberi ruang bicara baik massa aksi, serta pihak yang dituntut pada aksi tolak UU Omnibuslaw ini yaitu DPRD Provinsi Sumatera Selatan. Kata Kunci: Framing, Aksi Demo, UU Omnibuslaw, Tribunpos.com.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Dakwah dan Komunikasi > Jurnalistik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: FAJAR DWI SAPUTRA 1655300036
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:45
Last Modified: 09 Oct 2023 02:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31468

Actions (login required)

View Item View Item