ANALISIS PENERAPAN SHARIA COMPLIANCE PADA PRODUK PEMBIAYAAN BSI KUR MIKRO DI PT. BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU SUNGAI LILIN

Ramadhani, Resti (2023) ANALISIS PENERAPAN SHARIA COMPLIANCE PADA PRODUK PEMBIAYAAN BSI KUR MIKRO DI PT. BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU SUNGAI LILIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi Resti.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text
2_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
4_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Masyarakat pada umumnya khususnya wilayah Sungai Lilin masih meragukan produk bank syariah, adanya pendapat jika produk pada bank syariah dengan bank konvensional tidak ada perbedaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menganalisis penerapan sharia compliance dan implikasi pengawasan kepatuhan syariah pada produk pembiayaan BSI KUR Mikro di PT. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Sungai Lilin. Pendekatan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Adanya teknik untuk mengumpulkan data yaitu melalui teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan sharia compliance pada produk pembiayaan BSI KUR Mikro di PT. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Sungai Lilin telah menerapkan kepatuhan sharia compliance sesuai dengan indikator-indikator yang menjadi acuan nilai terciptanya kepatuhan syariah yaitu lingkungan, sumber dana, kegiatan ekonomi, adanya DPS, akad, dana zakat dihitung, dan bisnis yang didanai tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Selain itu juga, implikasi dalam pengawasan sharia compliance pada produk pembiayaan BSI KUR Mikro di PT. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Sungai Lilin dengan adanya pengawasan yang dilakukan oleh DPS dan juga tim audit internal telah memberikan dampak yang baik terhadap penerapan sharia compliance dan juga mengawasi aturan berdasarkan fatwa DSN-MUI agar dapat dipastikan ke syariahnya. Kata Kunci : Sharia, Compliance.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Sharia, Compliance.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: RESTI RAMADHANI 1930603186
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:02
Last Modified: 10 Oct 2023 06:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31519

Actions (login required)

View Item View Item