TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERAN GANDA IBU RUMAH TANGGA DI HUBUNGKAN DENGAN KESETARAAN GENDER (STUDI DI KELURAHAN BALAI AGUNG KECAMATAN SEKAYU)

APRIMA, NANDA CANTIKA (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERAN GANDA IBU RUMAH TANGGA DI HUBUNGKAN DENGAN KESETARAAN GENDER (STUDI DI KELURAHAN BALAI AGUNG KECAMATAN SEKAYU). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Slideshow
A5 Skripsi Nanda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya peningkatan peran perempuan di dalam keluarga, menyebabkan perselisihan antara suami dan istri dikarenakan suami malas bekerja dan tidak menjalankan kewajibannya dengan baik akibatnya istri harus bekerja demi memenuhi kebutuhan keluarga. Banyak wanita yang tidak mampu membagi waktunya dengan baik sehingga kurang terpenuhi dalam menjalankan kewajiban sebagai istri dan ibu. Sehingga berdampak kepada anak akan kurangnya kasih sayang yang diberikan dan perhatiannya kepada suami. Begitu pun sebaliknya, wanita yang lebih mengutamakan keluarga akan menurunkan kinerjanya dalam bekerja. Berdasarkan realita yang terjadi di masyarakat Kelurahan Balai Agung Kecamatan Sekayu menunjukkan terjadinya ketidakadilan kepada seorang istri yang meyebabkan istri mengalami peran ganda sebagai ibu rumah tangga sekaligus sebagai pencari nafkah. Penyusun tertarik untuk meneliti kasus ini dengan pokok masalah yaitu bagaimana peran ganda ibu rumah tangga di hubungkan dengan kesetaraan gender di Kelurahan Balai Agung Kecamatan Sekayu dan Bagaimana menurut tinjauan Hukum Islam nya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder kemudia data yang telah didapatkan akan dianalisis secara deskriptif kualitatif, dan akan disimpulkan secara deduktif. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mencari nafkah bukan lah tugas dan tanggung jawab istri akan tetapi istri tidak dilarang untuk ikut berperan dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga, asalkan itu tidak bertentangan dengan syari’at islam dan tidak merugikan atau mengurangi hak suami dan hak istri. Kata Kunci: Peran Ganda, Kesetaraan Gender, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran Ganda, Kesetaraan Gender, Hukum Islam
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: NANDA CANTIKA APRIMA 1930101137
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:13
Last Modified: 11 Oct 2023 02:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31545

Actions (login required)

View Item View Item