PENERAPAN BIAYA ROYALTY ATAS SUATU HAK CIPTA PADA BISNIS WARALABA (STUDI DI FRANCHISE ARABIAN KEBAB BANG AJI KABUPATEN PALI SUMATERA SELATAN)

Al- Muthobibillah, M. Isbah (2022) PENERAPAN BIAYA ROYALTY ATAS SUATU HAK CIPTA PADA BISNIS WARALABA (STUDI DI FRANCHISE ARABIAN KEBAB BANG AJI KABUPATEN PALI SUMATERA SELATAN). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah.

[img] Text
TEST FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Biaya Royalty Atas Suatu Hak Cipta Pada Bisnis Waralaba (Studi di Franchise Arabian Kebab Bang Aji Kabupaten PALI Sumatera Selatan). Perekonomian Syariah mulai diminati oleh semua orang karena dipandang sebagai perkembangan ekonomi yang adil dan menguntungkan, tidak terkecuali dengan Bisnis Waralaba. Pada bisnis Waralaba tidak luput dari konsep pembayaran seperti franchise fee dan royalty fee. Biaya royalty diwajibkan untuk semua pelaku bisnis yang menggunakan Hak Kekayaan Intelektual milik orang lain terutama dalam bentuk komersil yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta karena penerapan biaya royalty atas pemanfaatan Hak Cipta sangat penting didalam bisnis franchise, karena nama merk pada bisnis franchise merupakan Hak Kekayaan Intelektual dalam bentuk industri yang harus dihargai. Rumusan permasalahan yang diteliti pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan sistem kerjasama waralaba pada bisnis franchise Arabian Kebab Bang Aji di Kabupaten PALI Sumatera Selatan, (2) Bagaimana penerapan sistem royalty fee yang diaplikasikan pada bisnis franchise Arabian Kebab Bang Aji. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research yakni suatu penelitian lapangan merupakan suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data yang ada dilapangan. Dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan data kualitatif dimana peneliti akan mengamati dan berpartisipasi secara langsung dalam penelitian skala sosial kecil dan mengamati budaya setempat. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa, (1) Penerapan sistem Kerjasama yang lakukan franchise Arabian Kebab Bang Aji adalah kerjasama tanpa adanya biaya royalty yang di ambil dari omset penjualan dari franchisee setiap bulannya dan perjanjian kedua belah pihak atas bisnis franchise ini telah dijalankan sesuai akad perjanjian bisnis waralaba yang berlaku. (2) Penerapan biaya sebagai Royalty yang diterapkan pada franchise ini hanya dibayar satu kali saja dimana biaya tersebut sudah termasuk dalam satu paket pembayaran franchise fee pada saat akan dijalankannya bisnis franchise ini serta sistem kerjasama franchise Arabian Kebab Bang Aji telah dijalankan sesuai Undang-Undang yang berlaku dan tidak bertentangan dengan konsep musyarakah secara Islam dimana konsep yang diterapkan terdapat unsur keadilan dan kerelaan diantara kedua pelaku bisnis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Franchise, Royalty Fee, Hak Kekayaan Intelektual
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Media Massa, Jurnalisme, Publikasi
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: M. ISBAH AL MUTHOBIBILLAH 1830104223
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:23
Last Modified: 12 Oct 2023 02:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31560

Actions (login required)

View Item View Item