IMPLEMENTASI PENETAPAN HARGA UPAH DAN SISTEM PENGUPAHAN TERHADAP BURUH PANEN KEBUN SAWIT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Buruh Panen Kebun Sawit Masyarakat Desa Rukun Makmur Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin)

Zubaidah, Siti (2023) IMPLEMENTASI PENETAPAN HARGA UPAH DAN SISTEM PENGUPAHAN TERHADAP BURUH PANEN KEBUN SAWIT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Buruh Panen Kebun Sawit Masyarakat Desa Rukun Makmur Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI SITI ZUBAIDAH.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SITI ZUBAIDAH.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text
BAB I SITI ZUBAIDAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II SITI ZUBAIDAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III SITI ZUBAIDAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV SITI ZUBAIDAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V SITI ZUBAIDAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SITI ZUBAIDAH.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pengupahan merupakan hal yang penting dan paling prioritas bagi seorang pekerja atau buruh, karena upah yang diterima oleh pekerja atau buruh berfungsi sebagai penunjang kelangsungan hidup mereka serta keluarga mereka. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis implementasi penetapan harga upah dan sistem pengupahan terhadap buruh panen kebun sawit dalam perspektif ekonomi Islam” (Studi kasus buruh panen kebun sawit masyarakat Desa Rukun Makmur Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi, dengan informan penelitian meliputi, wakil BPD (Badan Permusyawaratan Rukun Makmur), pemilik kebun sawit, buruh panen kebun sawit, tokoh agama Desa Rukun Makmur, dan juga tengkulak kelapa sawit. Kemudian dilakukan teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penetapan harga upah dan sistem pengupahan terhadap buruh panen kebun sawit di Desa Rukun Makmur Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin belum sepenuhnya memenuhi prinsip pengupahan dalam ekonomi Islam. Dalam penetapan harga upah, upah ditetapkan berdasarkan pendapatan pemanenan buah kelapa sawit dan sistem pengupahannya dilakukan berdasarkan adat atau kebiasaan masyarakat dimana akad hanya dilakukan secara lisan dan tidak ada perjanjian secara tertulis. Dalam implementasi pengupahan, beberapa hal yang belum memenuhi prinsip dalam ekonomi Islam diantaranya, upah tidak disebutkan sebelum pekerjaan dimulai, belum sepenuhnya mencukupi kebutuhan dasar, dan dan adanya ketidakadilan dalam pemberian upah terhadap buruh. Kata Kunci: Upah buruh, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Upah buruh, Ekonomi Islam
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: SITI ZUBAIDAH 1920602074
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:23
Last Modified: 12 Oct 2023 02:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31564

Actions (login required)

View Item View Item