PENERAPAN METODE SAM’IYYAH SYAFAWIYAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI AZIZAN PALEMBANG (Skripsi)

Tajjri, Muhammad (2016) PENERAPAN METODE SAM’IYYAH SYAFAWIYAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI AZIZAN PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Muhammad Tajjri_TarPGMI.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penerapan Metode Sam’iyyah Syafawiyah Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Mufradat pada Siswa Kelas III Mata Pelajaran Bahasa Arab di MI Azizan Palembang. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena MI ini belum menggunakan metode Sam’iyyah Syafawiyah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar siswa materi mufradat pada siswa kelas III mata pelajaran Bahasa Arab sebelum dilakukan penerapan Metode Sam’iyyah Syafawiyah di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa materi mufradat pada siswa kelas III mata pelajaran Bahasa Arab sesudah dilakukan penerapan Metode Sam’iyyah Syafawiyah di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang? Apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa materi mufradat pada siswa kelas III sebelum dan sesudah penerapan Metode Sam’iyyah Syafawiyah di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Sam’iyyah Syafawiyah ini dapat meningkatkan hasil belajar materi mufradat pada siswa mata pelajaran Bahasa Arab MI Azizan Palembang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, subjek penelitian eksperimen ini adalah siswa kelas III sebagai eksperimennya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk angka dan diperjelas dengan narasi deskriftif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Azizan Palembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji tes “t”. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar materi mufradat pada siswa kelas III mata pelajaran Bahasa Arab di kelas eksperimen, penggunaan tes “t” untuk menguji satu sampel dengan metode Sam’iyyah Syafawiyah terhadap hasil belajar materi mufradat pada siswa MI Azizan Palembang menunjukkan bahwa nilai t_o yaitu 7,73 lebih besar dari nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,20 dan t tabel pada taraf signifikansi 1% yaitu 3,11. Dengan kata lain 2,20<7,377>3,11 maka Hipotesis Nihil ditolak. Artinya metode Sam’yyah Syafawiyah ini dapat diterapkan pada siswa untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Sam’iyyah Syafawiyah, Mufradat, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:03
Last Modified: 26 Apr 2016 02:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/316

Actions (login required)

View Item View Item