MODEL PEMBERDAYAAN PETANI SAYUR KELOMPOK TANI LESTARI SANTOSA DI DESA SINDANG JATI KECAMATAN SINDANG KELINGI KABUPATEN REJANG LEBONG

Baro'ah, Rofiko (2023) MODEL PEMBERDAYAAN PETANI SAYUR KELOMPOK TANI LESTARI SANTOSA DI DESA SINDANG JATI KECAMATAN SINDANG KELINGI KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - V.pdf

Download (479kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Model Pemberdayaan Petani Sayur Kelompok Tani Lestari Sentosa di Desa Sindang Jati Kecamatan Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong. Perberdayaan kelompok tani dilakukan agar dapat meningkatkan kemampuan pengembangan kelompok tani menjadi organisasi kelompok tani yang kuat dan mandiri. Pemberdayaan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan kelompok tani yang berdampak pada peningkatan hasil produksi tani di desa Sindang Jati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana bentuk pemberdayaan kelompok tani Lestari Sentosa dan strategi pemberdayaan petani desa Sindang Jati. Jenis penelitian adalah kualitatif yang menggambarkan secara deskriptif sebagai fokus penelitian berdasarkan data yang diolah berkaitan dengan pemberdayaan kelompok tani di desa Sindang Jati. Sumber data adalah data primer dan data sekunder, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat informan utama yang terdiri dari 6 orang. Teknik analisis data dengan menganalisa hasil olahan data tersebut diinterprestasikan dalam bentuk narasi. Sedangkan dalam pengabsahan data menggunakan metode kualitatif dengan model interaksi dan dasar penelitian survey. Kemudian peneliti mengambil kesimpulan bahwa model pemberdayaan yang dilakukan oleh kelompok tani dalam pemberdayaan petani sayur di desa Sindang Jati yaitu dengan cara pelatihan, pembelajaran lapangan, diskusi, penyuluhan, dan penguatan modal. Dengan adanya car aini kelompok tani sayur desa Sindang Jati dalam memberdayakan anggotanya yaitu agar para anggota kelompok tani dan masyarakat desa Sindang Jati dapat berdaya guna, maksudnya yaitu mereka memiliki kemampuan untuk dapat mendapatkan hasil dan manfaat bagi kegiatan pertaniannya sehingga dapat meningkatkan produktivitas pertaniannya, dengan menggunakan cara-cara yang telah diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model, Pemberdayaan, Kelompok Tani.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: ROFIKO BARO'AH 1830505067
Date Deposited: 13 Oct 2023 04:01
Last Modified: 13 Oct 2023 04:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31606

Actions (login required)

View Item View Item