Nabila, Masayu (2023) ANJURAN MEMBEDAKAN PARFUM LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF HADIS (Studi Hadis Riwayat Imam An-Nasa’i). Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Slideshow
Artikel Masayu Nabilaa.PDF Restricted to Registered users only Download (365kB) |
Abstract
Abstrak Parfum sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Pada zaman Nabi Muhammad SAW baik parfum laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan dalam ketentuan yang disesuaikan pada saat itu. Anjuran tersebut merupakan salah satu bentuk untuk memuliakan wanita. Sehinga muncul pertanyaan bagaimana cara membedakan kriteria antara parfum laki-laki dan perempuan baik dari segi bau maupun warnanya. Objek dari penulisan ini terfokus pada hadis tentang anjuran membedakan parfum laki-laki dan perempuan dalam kitab hadis yang dikarang oleh Imam An-Nasa’i, dengan jenis metode Kajian kepustakaan (Library Research). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hadis anjuran membedakan parfum laki-laki dan perempuan memberikan gambaran bagaimana prosedur dan ketentuan dalam memakai minyak wangi. Untuk memahami hadis ini haruslah dilihat bukan hanya pada segi teks akan tetapi dari sejarah dan juga asbab wurud hadis nya juga, karena terdapat perbedaan antar tiap generasi masyarakat yang ada. Kontekstualisasi utama dalam bahasan ini ialah anjuran membedakan parfum. Dari segi warna, pada saat ini wewangian sudah banyak variasinya. Sedangkan dari segi bau tidak hanya laki-laki yang memakai minyak wangi yang harum akan tetapi wanita juga, karena tuntutan keadaan, namun hal tersebut juga dilihat dari segi niat dan tujuan pemakainya. Kata Kunci : Anjuran, Perbedaan Parfum, Hadis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadits |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76235 - Ilmu Hadis |
Depositing User: | MASAYU NABILA 1830303044 |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 02:00 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 02:00 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31625 |
Actions (login required)
View Item |