“PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELING (SFBC) UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI KORBAN PELECEHAN SEKSUAL” (Studi Kasus Klien “S” Di Sentra Budi Perkasa)

Putri, Ria Apriana (2023) “PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELING (SFBC) UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI KORBAN PELECEHAN SEKSUAL” (Studi Kasus Klien “S” Di Sentra Budi Perkasa). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
RIA APRIANA PUTRI_1920502026.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Konseling Individu Pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) Untuk Meningkatkan Resiliensi Korban Pelecehan (Studi Kasus Klien “S” Di Sentra Budi Perkasa). Latar belakang penelitian ini adalah peristiwa pelecehan yang sering terjadi di kehidupan serta dapat mengganggu psikis, sosial dan fisik. Oleh karena itu dibutuhkan resiliensi di dalam diri korban supaya mampu mengatasi gangguan serta dapat menjalani kehidupan normal sebagaimana semestinya. Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui gambaran resiliensi korban pelecehan seksual klien “S” dan melakukan penerapan konseling individu dengan pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) untuk meningkatkan resiliensi korban pelecehan seksual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu klien “S”. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Perjodohan pola, eksplanasi dan analisis deret waktu. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran resiliensi korban pelecehan seksual klien “S” yaitu klien “S” klien “S” masih merasa ragu akan kemampuannya sendiri, emosinya dan pikirannya kurang stabil, sumber masalah bagi orang sekitar, tidak terbuka, mudah tersinggung dan selalu waspada (negative thinking) dengan teman-teman sesama penerima manfaat. Penerapan konseling individu menggunakan pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dengan waktu 50 menit /pertemuan. Pelaksanaan konseling individu ini dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, tahap awal, tahap inti/kerja, dan tahap akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu, Pendekatan SFBC, Resiliensi
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (Umum)
Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Psikologi > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: RIA APRIANA PUTRI 1920502026
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:22
Last Modified: 13 Oct 2023 08:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31626

Actions (login required)

View Item View Item