Pengaruh Bantuan Pangan Non Tunai Sembako dan Program Keluarga Harapan terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Pulau Gemantung Ilir

Purnama Sari, Nina (2023) Pengaruh Bantuan Pangan Non Tunai Sembako dan Program Keluarga Harapan terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Pulau Gemantung Ilir. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui tentang Pengaruh Bantuan Pangan Non Tunai Sembako dan Program Keluarga Harapan terhadap Kesejahteraan Masyarakat Pulau Gemantung Ilir di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Tingkat kemiskinan di Indonesia kian melunjak semenjak terjadinya pandemi covid-19. Negara wajib dalam menjamin kesejahteraan penduduknya dan setiap warga berhak untuk mendapatkan kesejahteraan dan rasa aman. Pemerintah melakukan upaya bantuan kepada masyarakat agar dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Salah satu bantuan yang disalurkan oleh pemerintah yaitu berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi adalah seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai Sembako dan Program Keluarga Harapan sebanyak 101 KPM. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi dipilih sebagai sampel atau sering disebut dengan teknik sensus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara turun langsung ke lapangan dengan menggunakan angket atau kuisioner langsung. Teknik analisis data menggunakan IBM SPSS Statistic Version 29.0 yang terdiri dari uji kualitas data (uji validitas dan reliabilitas data), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, dan uji linearitas), uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis (uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Bantuan Pangan Non Tunai Sembako tidak mempengaruhi Kesejahteraan Masyarakat akan tetapi Program Keluarga Harapan secara parsial mempengaruhi Kesejahteraan Masyarakat. Dengan menggunakan uji f, kedua variabel bebas yaitu bantuan Pangan Non Tunai Sembako dadn Program Keluarga Harapan secara stimultan mempengaruhi Kesejahteraan Masyarakat Ogan Komering Ilir khususnya di Desa Pulau Gemantung Ilir. Kata Kunci : Bantuan Pangan Non Tunai Sembako, Program Keluarga Harapan, Kesejahteraan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bantuan Pangan Non Tunai Sembako, Program Keluarga Harapan, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: NINA PURNAMA SARI 1930602220
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:09
Last Modified: 18 Oct 2023 02:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31761

Actions (login required)

View Item View Item