“PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS HADITS UNTUK MENINGKATKAN SIFAT MUJAHADAH AN-NAFS PADA IKATAN REMAJA MASJID JAMI’ PEDAMARAN”

Andini, Selvi (2023) “PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS HADITS UNTUK MENINGKATKAN SIFAT MUJAHADAH AN-NAFS PADA IKATAN REMAJA MASJID JAMI’ PEDAMARAN”. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER SAH SKRIPSI SILVI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SILVI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text
BAB I SILVI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II SILVI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III SKRIPSI SILVI-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV DAN V SKRIPSI SILVI-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V SILVI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SILVI SAH.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Sifat mujahadah an-nafs sangat penting bagi individu agar dapat memperoleh keridhoan Allah, dan kecintaan Allah, judul dalam penelitian ini adalah Pengaruh Bimbingan Kelompok Berbasis Hadits untuk meningkatkan sifat Mujahadah an-nafs pada Ikatan Remaja Masjid Jami’ Pedamaran. sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui terdapat pengaruh atau tidak dari pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis hadits dalam meningkatkan sifat mujahadah an-nafs Ikatan Remaja Masjid Jami’ Pedamaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pola one-group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah ikatan remaja masjid jami’ Pedamaran sebanyak 10 orang, subjek dalam penelitian ini diambil dengan purposive sampling sesuai dengan kriteria dan ciri-ciri subjek yang akan diteliti yaitu yang memiliki nilai sifat mujahadah an-nafs yang rendah. Hipotesis yang diajukan yaitu H0: Tidak adanya pengaruh bimbingan kelompok berbasis hadits untuk meningkatkan sifat mujahadah an-nafs Ikatan Remaja Masjid Jami’ Pedamaran. Ha: Adanya pengaruh bimbingan kelompok berbasis hadits untuk meningkatkan sifat mujahadah an-nafs Ikatan Remaja Masjid Jami’ Pedamaran. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dengan uji-t diproleh thitung sebesar 10,354 dan ttabelsebesar 2,262. Jadi, thitung > ttabel (10,354<2,262). Adapun nilai pretest sebesar 105,7 dan posttest sebesar 122,4 (pretest<posttest),yang berarti bahwa pada penelitian ini terdapat perbedaan sifat mujahadah an-nafs yang signifikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis hadits. Kesimpulannya karena thitung lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, maka bimbingan kelompok berbasis hadits berpengaruh terhadap sifat mujahadah an- nafs Ikatan Remaja Masjid Jami’ Pedamaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Mujahadah An-Nafs
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: SELVI ANDINI 1930502109
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:26
Last Modified: 18 Oct 2023 07:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31781

Actions (login required)

View Item View Item