PENGARUH SERBUK BUAH MAHKOTA DEWA (Phaleria macrocarpa) SEBAGAI INSEKTISIDA NABATI TERHADAP KUMBANG BERAS (Sitophilus oryzae)

Putri, Ananda Natasya (2023) PENGARUH SERBUK BUAH MAHKOTA DEWA (Phaleria macrocarpa) SEBAGAI INSEKTISIDA NABATI TERHADAP KUMBANG BERAS (Sitophilus oryzae). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Skripsi Natasya Ananda Putri (1910801002) FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Beras yang terlalu lama di simpan didalam gudang sangat rentan terkena serangan hama kutu beras (Sitophilus oryzae). Penggunaan pestisida kimia untuk memusnahkan hama seperti kumbang beras (Sitophilus oryzae) memberikan dampak negatif bagi lingkungan maka dari itu diperlukan pengendalian ramah lingkungan sebagaimana pemanfaatan buah mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) yang dapat dijadikan sebagai insektisida nabati. Pengendalian hayati baik untuk lingkungan dikarenakan hama yang tidak menjadi sasaran tidak merasa dirugikan dan tidak mengakibatkan ledakan hama kedua maupun resurgensi hama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui konsentrasi serbuk simplisia buah mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) yang efektfif dalam mengendalikan kumbang beras (Sitophilus oryzae) dan melihat kuantitas optimum repellent kumbang beras. Adapun kuantitas yang diuji yaitu 8 gr, 10 gr, 12 gr, 16 gr dan kontrol dengan jangka waktu 7 hari pengamatan yang telah diaplikasikan dengan menggunakan 50 gr beras dengan hewan pengujian sebanyak 10 ekor kumbang beras (Sitophilus oryzae) dengan masing-masing kumbang beras (Sitophilus oryzae) memiliki berat 0,0019 sampai dengan 0,0026 di setiap perlakuan. Di setiap perlakuan ada 5 kali pengulangan. Pada hasil dari data uji Analisa One Way ANOVA taraf 5% memperlihatkan bahwasannya terdapat perbedaan dari masing�masing kuantitas dalam perlakuan. Adapun hasil yang didapatkan pada pengamatan serbuk buah mahkota (Phaleria macrocarpa) dengan perlakuan K4 dengan dosis sebanyak 14 gram. Hal tersebut memperlihatkan bahwa tingkat dosis serbuk simplisia buah mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) yang diberikan secara berbeda-beda pada masing-masing perlakuan sangat mempengaruhi terhadap tingkat repellent Kumbang beras (Sitophilus oryzae). Kata kunci : Beras, Simplisia, Insektisida Nabati, Buah Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa), Kutu Beras (Sitophilus oryzae)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Beras, Simplisia, Insektisida Nabati, Buah Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa), Kutu Beras (Sitophilus oryzae)
Subjects: Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: NATASYA ANANDA PUTRI 1910801002
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:36
Last Modified: 19 Oct 2023 02:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31794

Actions (login required)

View Item View Item