Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Masjid Pada Masyarakat Desa Tanjung Sejaro Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (Studi Kasus Masjid Bajumi Wahab).

Firmansyah, Firmansyah (2023) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Masjid Pada Masyarakat Desa Tanjung Sejaro Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (Studi Kasus Masjid Bajumi Wahab). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi Firmansyah 1830602191 Finish cetak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Slideshow
Skripsi Firmansyah 1830602191 Finish cetak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Masjid Pada Masyarakat Desa Tanjung Sejaro Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (Studi Kasus Masjid Bajumi Wahab). Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Jenis sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data skunder. Data primer berupa wawancara, sedangkan data skunder berupa buku dan jurnal. Responponden dalam penelitian adalah pemerinahan Desa Tanjung Sejaro beserta pengelola Masjid Bajumi Wahab. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dan transkif yaitu menjabarkan hasil wawancara dilapangan baik menggunakan bahasa sendiri maupun dengan menggunakan transkif. Hasil penelaahan tersebut kemudian diolah dan dianalisis untuk mendapatkan jawaban dari rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pemberdayaan Ekonomi di desa Tanjung Sejaro Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir belum efektf, terdapat hambatan yang membuat program pemberdayaan ekonomi belum terlaksana antara lain kurangnya pemahaman terkait dengan pemberdayaan ekonomi serta dana anggaran yang terbatas. (2) Peran masjid Bajumi Wahab dalam pemberdayaan ekonomi belum efektif, bila di ukur dari program pemberdayaan yang berjalan. Namun jika dilihat dari sudut pandang pemberdayaannya masjid Bajumi Wahab bisa dianggap berhasil dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui hasil responden para pedagang dikawasan masjid Bajumi Wahab. Kata Kunci : Pemberdayaan, Ekonomi, Masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Ekonomi, Masyarakat.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: FIRMANSYAH 1830602191
Date Deposited: 20 Oct 2023 09:08
Last Modified: 20 Oct 2023 09:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31838

Actions (login required)

View Item View Item