PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN SOLIDARITAS ANTAR SESAMA PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL LANJUT USIA HARAPAN KITA PALEMBANG

Putri, Nandini Faradillah (2023) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN SOLIDARITAS ANTAR SESAMA PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL LANJUT USIA HARAPAN KITA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text
BAB I - V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Solidaritas Antar Sesama Lansia di Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita Palembang”. Penelitian ini penting karena lansia di Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita ini jauh dari keluarga dan sanak saudara, serta keterbatasan sumber daya manusia atau tenaga kerja yang ada di Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita sehingga kebersamaan, saling membutuhkan, dan saling membantu itu sangat penting bagi lansia. Oleh karena itu, diperlukannya solidaritas ini untuk membantu para lansia agar mereka bisa saling membantu sehingga dapat meringankan kegiatan sehari-hari para lansia. Tujuan untuk mengetahui tingkat solidaritas lansia dan penerapan bimbingan kelompok untuk meningkatkan solidaritas antar sesama lansia. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah pegawai atau staff dan lansia yang menetap di Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita Palembang. Teknik pengumpulan data di penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi . Teknik analis data menggunakan teknik analis data dari Miles dan Huberman, yaitu ada tiga macam kegiatan yaitu reduksi data (Data Reduction), Penyajian Data (Display Data) dan Penarikan Kesimpulan (Verification). Hasil dari penelitian ini adalah solidaraitas sebelum diberikannya bimbingan kelompok kepada lansia ini cukup rendah yang ditandai dengan rasa individualisme atau rasa persaudaraan dan pertemanan yang rendah seperti menganggap diri lansia itu bisa melakukan segala kegiatan sendiri dan setelah diberikannya bimbingan kelompok para lansia perlahan mengalami peningkatan dalam solidaritasnya. Penerapan bimbingan kelompok ini dilakukan dengan 3 pertemuan yang dilakukan dengan 4 tahap bimbingan kelompok. Setelah diberikannya bimbingan kelompok, solidaritas lansia sudah mulai terlihat dari segi penyampaiannya kepada lansia lain seperti sudah mau memberikan bantuan kecil untuk lansia lain ketika melihat lansia tersebut kesulitan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Solidaritas, Lansia.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: NANDINI FARADILLAH PUTRI 1910502008
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:01
Last Modified: 24 Oct 2023 01:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31881

Actions (login required)

View Item View Item