PENERAPAN TEKNIK IMAGERY TRAINING UNTUK MENGATASI SRESS PADA KLIEN “N” YANG MENGALAMI INSOMNIA MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Amelia, Nur Tasha (2023) PENERAPAN TEKNIK IMAGERY TRAINING UNTUK MENGATASI SRESS PADA KLIEN “N” YANG MENGALAMI INSOMNIA MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
BAB I-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Teknik Imagery Training Dalam Mengatasi stress pada klien "N" yang mengalami insomnia Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi stress dan insomnia yang dialami klien “N” mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang dan untuk mengetahui penerapan teknik imagery training untuk mengatasi insommia pada klien“N” Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Jenis penelitian ini field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu salah satu mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang yakni, klien “N”. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, perjodohan pola, pembentukan eksplanasi dan analisis deret waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kondisi stess dan insomnia klien "N" ialah kesulitan untuk tidur, tubuh merasa lelah, mengalami sakit kepala, sulit berkonsentrasi, mudah marah, mata merah, dan mengantuk di siang hari sehingga tidak beraktivitas dengan baik. Setelah dilakukannya proses konseling dalam 8 kali pertemuan dengan menggunakan 5 tahapan yaitu, persiapan, relaksasi, sugesti, pengulangan dan praktik, dan kembali ke keadaan sebelumnya dengan menggunakan teknik imagery training, sehingga diperoleh hasil, klien "N" sudah banyak mengalami perubahan dan sudah kembali ke keadaan sebelumnya dimana klien sudah bisa kembali enjoy dengan hidupnya sehingga bisa tidur dan mengatur pola tidurnya dengan baik. Klien "N" mulai menunjukkan respon yang tanggap dan berkonsentrasi penuh untuk menyelesaikan tugas dan kewajibannya. Hal ini menunjukkan adanya perubahan yang jauh lebih baik pada klien “N” dan membantu klien menjaga keseimbangan dalam berfikir, keseimbangan pola tidur dan kesehatannya, melalui teknik Imagery Training membentuk kebiasaan baik pada klien “N”.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Stres, Insomnia, Teknik Imagery Training.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: NUR TASHA AMELIA 1920502031
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:01
Last Modified: 24 Oct 2023 01:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31882

Actions (login required)

View Item View Item