PENGGUNAAN FOLLOWERS FIKTIF PADA AKUN BISNIS DI SOSIAL MEDIA TIKTOK PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS AKUN TIKTOK DUTARAYNANDO27)

Muhammad, Zamzari (2022) PENGGUNAAN FOLLOWERS FIKTIF PADA AKUN BISNIS DI SOSIAL MEDIA TIKTOK PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS AKUN TIKTOK DUTARAYNANDO27). Undergraduate Thesis thesis, Uin raden fatah palembang.

[img] Text
MuhZamzari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sosial media merupakan salah satu hal yang paling dinamis di dunia saat ini, tidak lagi hanya menjadi jembatan koneksi komunikasi antar manusia di dunia maya, akan tetapi sosial media sudah berubah dengan berbagai fungsi salah satunya berbisnis. Pentingnya pengikut bagi akun bisnis yang membuat pemilik akun untuk membeli pengikut fiktif guna untuk memperbanyak jumlah audiensi agar menarik perhatian orang untuk mempercayai membeli barang atau menggunakan jasa nya untuk mempromosikan produknya seperti yang dilakukan pada akun Tiktok Dutaraynando27. Problematika mengenai kerjasama itu yang merugikan pihak penjual pasalnya penjual mempercayai bahwa akun tersebut bisa digunakan untuk mempromosikan barang dagangnya karena tertarik jumlah followers yang dimiliki akun tersebut. Dengan rumusan masalah; Pertama bagaimana penggunaan followers fiktif pada akun bisnis di sosial media Tiktok Dutaraynando27? Kedua bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penggunaan followers fiktif pada akun bisnis di sosial media tiktok dutaraynando27. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian Field Research (penelitian Lapangan), sumber data yang dilakukan dalam penelitian ini data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dengan cara wawancara langsung kepada dutaraynando dan dokumentasi, analisis data menggunakan Deskriptif kualitatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Penggunaan followers fiktif pada akun bisnis di sosial media tiktok Dutaraynando27 bahwa pemilik akun membeli terlebih dahulu followers fiktif tersebut kemudian semua kontrak kerjasama diawali dengan pembicaraan terlebih dahulu mengenai kerjasama yang dilakukan seperti apa dan kontrak kerjasamanya berapa lama, namun dari pihak dutaraynando27 tidak menjelaskan tentang adanya followers fiktif kepada produsen, untuk bekerjasama kepada dutaraynando masih lokal dengan cara melakukan sistem kesepakatan dua belah pihak tanpa ada perantara menejer atau tim. Kedua, Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penggunaan followers fiktif pada akun bisnis sosial media Tiktok Dutaraynando27 tidak diperbolehkan, jika terdapat suatu rukun dan syarat yang tidak terpenuhi maka akad Ijarah dapat diabatalkan, dalam hal ini pemilik akun dutaraynando27 melakukan suatu ketidakjujuran yaitu tidak menjelaskan kepada produsen adanya followers fiktif pada akun Tiktok-nya. Kata Kunci : Followers Fiktif, Tiktok, Hukum Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: MUH. ZAMZARI 1930104107
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:51
Last Modified: 24 Oct 2023 07:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31904

Actions (login required)

View Item View Item