Tinjauan psikologi kelurga dalam penerapan displin protokol kesehatan dimasa pandemi covid-19 terhadap keharmonisan keluarga. (Studi kasus kelurahan kemang agung)

Aldo, Muhammad (2022) Tinjauan psikologi kelurga dalam penerapan displin protokol kesehatan dimasa pandemi covid-19 terhadap keharmonisan keluarga. (Studi kasus kelurahan kemang agung). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover judul.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya kebijakan penerapan protokol kesehatan di Palembang khususnya Kelurahan Kemang Agung dengan adanya penerapan protokol kesehatan yang mereka jalani di keluarga tersebut menyebabkan pertengkaran diantara keduanya. Hal tersebut tentunya berpengaruh terhadap keharmonisan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan disiplin protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19 di Kelurahan Kemang Agung Palembang, dan untuk mengetahui tinjauan psikologi keluarga dalam penerapan disiplin protokol kesehatan pimasa pandemi Covid-19 terhadap keharmonisan keluarga fi Kelurahan Kemang Agung Palembang. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dan merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat, tokoh masyarakat, dan tokoh agama. Sampel yang dipilih yaitu sebanyak 29 subjek yang terdiri dari 25 keluarga, 2 tokoh masyarakat dan 2 tokoh agama. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Jenis data dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisa data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Kemudian pembahasan ini disimpulkan secara deduktif yaitu dari umum ke khusus. Dalam penelitian ini penulis menyimpulkan beberapa hal yaitu: Pertama, dengan adanya pandemi Covid-19 membuat masyarakat khususnya masyarakat Kelurahan Kemang Agung Palembang diharuskan melakukan penerapan protokol kesehehatan seperti menggunakan masker pelindung wajah, mencuci tangan, menggunakan Handsanitizer serta menerapkan Social Distancing. Namun penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan Social Distancing tidak dilakukan didalam rumah tangga, tetapi ditekankan dan diterapkan sebelum masuk kerumah untuk mencuci tangan dan segera mandi agar terhindarnya penyebaran Covid-19 di keluarga. Meskipun tidak melakukan penerapan protokol kesehatan dirumah namun masyarakat Kelurahan Kemang Agung tetap menjaga fisik dan mental dengan rajin melakukan olahraga, meminum vitamin C serta melakukan gaya hidup sehat. Kedua, ditinjau dari psikologi keluarga bahwa penerapan protokol kesehatan tidak mempengaruhi keharmonisan keluarga di Kelurahan Kemang Agung Palembang. Pada umumnya mayoritas masyarakat mengalami penurunan penghasilan. Akan tetapi, tidak mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Seperti yang diungkapkan Glen terdapat tiga indikator bagi proses penyesuaian, yakni konflik, komunikasi, dan berbagai tugas rumah tangga. Meskipun terjadi konflik pasangan suami istri dapat mengatasinya dengan komunikasi yang baik, terlebih lagi pasangan suami istri masih bisa memenuhi hak dan kewajibannya masing-masing sesuai dengan hak dan kewajiban suami istri dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang perkawinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: MUHAMMAD ALDO 1730101114
Date Deposited: 25 Oct 2023 00:42
Last Modified: 25 Oct 2023 07:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31925

Actions (login required)

View Item View Item