ANALISIS FRAMING PADA PEMBERITAAN PEMBUNUHAN BRIGADIR NOFRIANSYAH YOSUA HUTABARAT DI KOMPAS.COM

Artika, Bela (2023) ANALISIS FRAMING PADA PEMBERITAAN PEMBUNUHAN BRIGADIR NOFRIANSYAH YOSUA HUTABARAT DI KOMPAS.COM. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Analisis Framing Pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat Oleh Ferd Sambo di Kompas.com.” Penelitian ini dilatar belakangi karena Pembunuhan Brigadir Nofriasnyah Yosua Hutabarat oleh Ferdi Sambo merupakan salah satu peristiwa besar dalam sejarah kepolisian dikarenakan polisi tembak polisi dan di adili oleh polisi, bahkan banyak melibatkan aparat lain, terutama melibatkan tim kapolri dan kejaksaan negeri, pihak rumah sakit, tim servis cctc, sopir pribadi dan pembantunya. Tujuan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana framing pemberitaan terkait Pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat oleh Ferdi Sambo di media online Kompas.com. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori framing model Zhongdang dan Pan Kisockidengan menggunakan 4 perangkat framing yaitu, sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan menganalisis 8 berita, didapatan hasil bahwa terkait pemberitaan Pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat oleh Ferdi Sambo, media Kompas.com berusaha secara objektif dengan memposisikan Ferdi Sambo dan Putri Chandrawati telah merencanakan kasus tersebut dan menjanjikan uang Rp.1Miliar, handphone merk Iphone untuk saudara Richard Eliezer Pudihang Lumiu, Ricky Rizal dan Kuat Ma,ruf. Peristiwa ini terjadi lantaran Putri Chandrawati dilecehkan dengan keji oleh Brigadir J pada saat mereka sedang berada dikota Magelang, ketika Ferdi Sambo mengetahui hal tersebut ia langsung marah dan tidak bisa mengontrol emosinya lantaran mendengar sang istrinya di lecehkan oleh sang ajudannya. Media Kompas.com berusaha menetralkan dan menerapkan prinsip keberimbangan, namun dalam beberapa berita berusaha menggiring opini masyarakat untuk melihat apakah Ferdi Sambo bersalah atau tidak dengan penjelasannya yang selalu menutupi kejadian sebenernya dan untuk melihat siapa dalang dibalik kasus ini, dan hal ini dapat dilihat dari beberapa frame yang dibangun dalam teks berita.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, Media Online, Pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat oleh Ferdi Sambo.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Jurnalistik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: BELA ARTIKA 1930503093
Date Deposited: 25 Oct 2023 00:42
Last Modified: 25 Oct 2023 00:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31932

Actions (login required)

View Item View Item