NDEPUNG DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM ( STUDI TERHADAP CARA BERDAMAI AKIBAT PERKELAHIAN/ PENGANIAYAAN DI DESA TANJUNG TIGA KECAMATAN SEMENDE DARAT ULU KABUPATEN MUARA ENIM)

Herlansa, Herlansa (2023) NDEPUNG DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM ( STUDI TERHADAP CARA BERDAMAI AKIBAT PERKELAHIAN/ PENGANIAYAAN DI DESA TANJUNG TIGA KECAMATAN SEMENDE DARAT ULU KABUPATEN MUARA ENIM). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Caver Herlansa.docx

Download (32kB)
[img] Text
Abstrak Herlansa.docx

Download (13kB)
[img] Text
Bab satu Herlansa.docx
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text
Herlansa bab dua.docx
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text
herlansa bab tiga.docx
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
herlansa bab empat.docx
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang tradisi ndepung dan tolak balak dalam Perspektif Hukum Pidana Islam, dengan permasalahan berkenaan: Bagaimana Pelaksanaan Acara Ndepung dalam penyelesaian kasus perkelahian/ penganiayaan di Semende Darat Ulu, serta tinjauan Fiqih jinayah terhadap pelaksanaan ndepung dalam penyelesaian perkelahian/ penganiayaan disemende darat ulu. Manfaat penelitian ini adalah memberikan manfaat bagi yang membaca, dan penelitian yang dilakukan terhadap budaya adat Semende baik pada pemerintah, mahasiswa dan khususnya bagi masyarakat Semende itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode diskriftif kualitatif, pengumpulan data menggunakan wawancara, obsevasi, dukomentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian ini adalah Ndepung dan tolak balak merupakan suatu bentuk ganti rugi dalam suatu perdamaian karena terjadinya perselisihan antara kedua bela pihak yang mana kedua bela pihak tersebut terjadi pertengkaran yang dapat menyebabkan salah satu korban, sehinggah korban tersebut mengalami luka fisik, yang mana tradisi ini mempunyai makna cakupan yang luas dikemas dalam adat kebudayaan yang berlandaskan Al-Quran dan ajaran Rasullulah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Cara Berdamai Dan Pelaksanaan Ndepung
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: HERLANSA 1930103114
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:17
Last Modified: 25 Oct 2023 05:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31952

Actions (login required)

View Item View Item