ADAT “NINGKUK” PADA MALAM MENJELANG PERKAWINAN DI DESA BETUNG 1 KECAMATAN LUBUK KELIAT KABUPATEN OGAN ILIR MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT

Mufakkar, Idris (2023) ADAT “NINGKUK” PADA MALAM MENJELANG PERKAWINAN DI DESA BETUNG 1 KECAMATAN LUBUK KELIAT KABUPATEN OGAN ILIR MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
skripsi idris fix benarrrr 1 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pernikahan adalah peristiwa yang sangat penting bagi manusia yang sangat harus dilakukan. Namun setiap pernikahan pasti memiliki karakteristik adat dan budaya masing-masing di daerahnya. Penelitian ini berjudul Adat Ningkuk pada malam menjelang perkawinan di Desa Betung 1 Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir Menurut Hukum Islam dan Hukum Adat. Adat Ningkuk merupakan suatu Adat yang dimana sudah menjadi adat turun menurun yang dilakukan oleh Desa Betung 1 di setiap malam menjelang perkawinan. Adat ini sendiri mempunyai kaitan dengan kepercayaan khususnya di Betung 1 Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini dibuat untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana tata cara pelaksanaan adat ningkuk di Desa Betung 1 dan pandangan hukum adat dan hukum Islam terhadap adat ningkuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah yuridis empiris dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil kesimpulan penelitian ini adalah dalam adat ningkuk pada malam menjelang perkawinan di Desa Betung 1 Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir, dilaksanakan dalam malam hari hingga tengah malam. Simbol atau lambang-lambang sebagai sarana untuk memuat pesan-pesan atau nasehat-nasehat bagi masyarakat pendukungnya. Makna-makna yang mengandung pesan tersebut, diperlukan suatu pemahaman tersendiri yang bisa menangkap secara substansi nilai-nilai yang di wariskan leluhur. Adapun menurut hukum Islam adat tersebut tidak sesuai dengan syariat Islam karena adanya percampuran antara laki-laki dan perempuan di suatu tempat yang dapat diindikasikan sebagai perbuatan zina.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Adat, Ningkuk, Perkawinan, Islam, Adat.
Subjects: Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74233 - Perbandingan Mazhab
Depositing User: IDRIS MUFAKKAR 1830102040
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:33
Last Modified: 27 Oct 2023 01:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31986

Actions (login required)

View Item View Item