PENGARUH PROFESIONALISME DAN KOMPETENSI AUDITOR INTERNAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDETEKSI KECURANGAN (FRAUD) PADA BANK MUAMALAT DI PALEMBANG

WICAKSANA, FEBRIAN (2023) PENGARUH PROFESIONALISME DAN KOMPETENSI AUDITOR INTERNAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDETEKSI KECURANGAN (FRAUD) PADA BANK MUAMALAT DI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan agar diketahui pengaruhnya dari profesionalisme dan kompetensi pada kemampuan untuk melakukan deteksi kecurangan (fraud). Kecurangan merupakan bentuk penyimpangan yang marak terjadi dalam suatu perusahaan. Bank merupakan tempat yang paling beresiko mengalami kecurangan, karena setiap kegiatan operasionalnya berhubungan dengan perputaran uang. Profesionalisme merupakan suatu sikap yang ditunjukan oleh seseorang yang telah mahir dalam bidang profesinya. Kompetensi merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam menjalankan tugas profesinya. Kemampuan mendeteksi terhadap kecurangan sebagai kemampuan guna bertujuan mengantisipasi serta mengungkapkan kecurangan. Penelitian ini dilaksanakan pada Bank Muamalat KC Palembang. Jenis penelitian ini yakni penelitian kuantitatif yang menerapkan metode penentuan sampelnya memakai metode sampel jenuh dan pengumpulan data menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai teknik untuk mengumpulkan data. Sampel yang dipakai pada penelitian ini yakni 30 responden karyawan Bank Muamalat. Alat uji statistik menggunakan aplikasi SPSS Versi 26, melalui metode analisis data menggunakan pengujian instrumen, asumsi klasik, serta hipotesis. Mengacu pada perolehan uji t profesionalisme thitung sebesar -1.044 maka thitung < ttabel 2.052 serta signifikan 0.306 > 0.05, maka H0 diterima dan H1 ditolak. Pada variabel kompetensi thitung yakni 2.543 maka > ttabel 2.052 serta signifikan 0.017 > 0.05, maka H0 ditolak dan H2 diterima. Berdasarkan nilai Fhitung sebesar 3.363, sehingga Fhitung > Ftabel (3.363 > 3.354), yang memiliki nilai signifikan 0.050 < 0.05 dengan demikian hipotesisnya bisa diterima, maka ada pengaruhnya dari profesionalisme dan kompetensi pada kemampuan mendeteksi fraud secara simultan. Berdasarkan temuan penelitian, menunjukkan bahwa variabel profesionalisme tidak memiliki pengaruh pada kemampuan mendeteksi fraud serta variabel kompetensi mempunyai pengaruh pada kemampuan mendeteksi fraud.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: profesionalisme, kompetensi, dan kemampuan mendeteksi kecurangan (fraud)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: FEBRIAN WICAKSANA 1720603095
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:34
Last Modified: 27 Oct 2023 01:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32003

Actions (login required)

View Item View Item