ANALISIS PENERAPAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 34 TALANG KELAPA

Putri, Molita Azhara (2023) ANALISIS PENERAPAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 34 TALANG KELAPA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
BAB I MOLITA AZHARA PUTRI 1930201218.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB II MOLITA AZHARA PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB III MOLITA AZHARA PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text
BAB IV MOLITA AZHARA PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB V MOLITA AZHARA PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri 34 Talang Kelapa (2) Untuk mengetahui apa saja hambatan yang dihadapi guru dalam upaya peningkatan kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri 34 Talang Kelapa dan (3) Untuk mengetahui bagaimana solusi guru mengatasi hambatan dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri 34 Talang Kelapa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan meneliti langsung ke lapangan. Subjek dari penelitian ini kepala sekolah, guru/wali kelas V dan anak kelas V SD Negeri 34 Talang Kelapa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan sebagai berikut: (1) Upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri 34 Talang Kelapa yaitu: Sebelum memulai pembelajaran guru memeriksa kerapian pakaian, menekankan peraturan-peraturan saat berada di sekolah maupun di dalam kelas, memerintahkan para siswa mambaca do’a sebelum memulai pembelajaran di kelas, setelah itu mengabsensi kehadiran, setelah absensi guru memulai pembelajaran seperti biasanya dan ketika jam pulang guru memberikan (PR) agar siswa bisa belajar di rumah. (2) Hambatan guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri 34 Talang Kelapa yaitu: kurangnya dukungan dan peran dari orang tua maupun keluarga, pergaulan dan pengaruh negatif dari lingkungan tempat tinggal siswa, dan kurangnya motivasi. (3) Solusi guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri 34 Talang Kelapa yaitu: melalui contoh dan teladan yang baik dan memberikan hukuman/sanksi bagi siswa yang tidak disiplin. Kata Kunci : kedisiplinan, belajar, siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Belajar, Siswa
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MOLITA AZHARA PUTRI 1930201218
Date Deposited: 30 Oct 2023 04:40
Last Modified: 30 Oct 2023 04:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32045

Actions (login required)

View Item View Item