TRADISI SEDEKAH PIARO (SEBELUM AKAD NIKAH) PERSPEKTIF TOKOH AGAMA DAN TOKOH ADAT STUDI KASUS DESA TANJUNG MEDANG KECAMATAN KELEKAR KABUPATEN MUARA ENIM

Kasuma, Kasuma (2023) TRADISI SEDEKAH PIARO (SEBELUM AKAD NIKAH) PERSPEKTIF TOKOH AGAMA DAN TOKOH ADAT STUDI KASUS DESA TANJUNG MEDANG KECAMATAN KELEKAR KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Skripsi A5 Kasuma (1920102052) Fix-1-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mengenai kedudukan Sedekah Piaro menurut hukum islam, Mencari tau apa yang melatar belakangi pelaksanaan Sedekah Piaro, apa saja keunikan dan ciri khas yang terdapat dalam Sedekah Piaro, bagaimana proses kegiatannya serta bagaimana pandangan Hukum Islam dalam menyikapi fenomena sedekah ini. berawal dari latar belakang tersebut penulis akan membahas tradisi Sedekah Piaro dengan pendekatan Normatif dan empiris melalui pandangan Tokoh Adat dan Tokoh Agama. Penelitian ini berjutuan Untuk mengetahui pandangan Tokoh Adat dan Tokoh Agama terhadap Sedekah Piaro di Desa Tanjung Medang Kecamatan Kelekar Kabupaten Muara Enim. Peneliti melakukan penelitian kualitatif, pola yang sudah ada sebelumnya dapat diterapkan, apa yang sedang terjadi. untuk mengumpulkan data oleh peneliti dengan menggunakan panca indera mereka untuk mengamati. Wawancara, catatan. Sumber Data primer dalam penelitian ini Data utama diperoleh melalui wawancara langsung dengan informan adalah subyek ritual sedekah piaro khususnya kepala desa, pemuka agama, berupa barisan pemukiman dan sumber data sekunder adalah sumber sekunder pelengkap, yaitu data dari alat media seperti internet, majalah, Al-Quran, buku. Kemudian dianalisa pemikiran kedua tokoh tersebut untuk ditarik kesimpulannya. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Menurut Tokoh Adat bahwasannya Sedekah Piaro telah di lakukan di Desa Tanjung Medang sudah sesuai dengan Adat yang ada yang mana telah di adakan Sedekah Piaro dalam rangka tujuan untuk terhindar dari malapetaka atau balak. Menurut Tokoh Agama pelaksanaan Sedekah Piaro itu sudah sesuai Hukumnya Mubah (boleh), karena tidak mengandung perbuatan yang di larang Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74233 - Perbandingan Mazhab
Depositing User: KASUMA 1920102052
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:31
Last Modified: 06 Nov 2023 03:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32061

Actions (login required)

View Item View Item