Konstruksi Makna Lingkungan bagi anak-anak pada tayangan “Si Bolang”di Trans7 (Studi pada Desa Betung dan Desa Tanjung Kukuh Kabupaten OKUT)

Hanggara, Dion (2023) Konstruksi Makna Lingkungan bagi anak-anak pada tayangan “Si Bolang”di Trans7 (Studi pada Desa Betung dan Desa Tanjung Kukuh Kabupaten OKUT). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Dion Hanggara 1720701050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Konstruksi Makna Lingkungan bagi anak-anak pada tayangan “Si Bolang” di Trans7 (Studi pada Desa Betung dan Desa Tanjung Kukuh Kabupaten OKUT). Membangun pemahaman terhadap pemaknaan lingkungan bagi anak-anak pada program edukasi di media massa terhadap realitas yang terjadi dilingkungan tempat tinggal individu itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konstruksi makna lingkungan dan pengalaman-pengalaman yang didapatkan anak-anak pada tayangan “Si Bolang” di Trans7. Dalam penelitian ini memilih metodologi penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Dalam penelitian ini menggunakan Teori Konstruksi Sosial Media Massa. Sumber data primer dari penelitian ini yaitu dokumentasi dan wawancara mendalam pada anak-anak kisaran usia 5-11 tahun sebagai informannya. Hasil penelitian ini adalah cara sudut pandang seorang individu (terkhusus anakanak) dalam memaknai arti lingkungan itu sendiri pada tayangan “Si Bolang” di Trans7 pada realitas yang terjadi dilingkungan sosialnya berdasarkan biografinya. Pemaknaan lingkungan sendiri tidak lain adalah menjaga segala sesuatu yang ada disekitar dan mempengaruhi hidup kita, seperti air, udara, tanah, flora (tumbuhan) dan juga fauna (hewan). Adapun pengalamanpengalaman yang didapatkan dari menonton tayangan “Si Bolang”di Trans7 yakni didapatkan dalam pengalaman pribadi maupun pengalaman sosialnya. Selain sebagai tontonan yang memberikan informasi yang mendidik juga dapat menghibur bagi anak-anak, membuat mereka lebih memahami arti dari lingkungan itu sendiri, cara berkomunikasi yang baik dengan lingkungan sosial dan juga menghormati orang tua. Kata Kunci : Konstruksi, Makna, Lingkungan, Program Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:38
Last Modified: 01 Nov 2023 02:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32064

Actions (login required)

View Item View Item