PERAN KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN EMPAT LAWANG MENSOSIALISASIKAN ATURAN BATASAN USIA DALAM PERKAWINAN (Studi Kasus Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan)

Prayoga, - (2022) PERAN KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN EMPAT LAWANG MENSOSIALISASIKAN ATURAN BATASAN USIA DALAM PERKAWINAN (Studi Kasus Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan). Other thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
CAVER SEKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Kabupaten Empat Lawang merupakan daerah yang angka pernikahan dini tergolong masih tinggi.Pernikahan dini tersebut lantaran banyak yang belum mengetahui tentang batas usia dalam pernikahan yang dianjurkan. Jika kasus pernikahan anak semakin tinggi, maka hampir pasti potensi dalam rumah tangga akan terjadi, salah satu upaya yang harus dilakukan KUA adalah memperbanyak pembinaan, memodifikasi kegiatan pembinaan, serta melakukan sinergi program lintas instansi terkait. Dalam penelitian terdapat dua hal yang menjadi fokus penelitian penulis, Pertama, peran kantor urusan agama (KUA) Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang terhadap program sosialisasi dalam aturan batasan usia perkawinan. Kedua, Apa sajakah yang menjadi faktor-faktor mendukung program sosialisasi dalam aturan batasan usia perkawinan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan sumber data primer yang diperoleh dari wawancara langsung, didukung dengan data sekunder dan tersier.Data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang disimpulkan secara deduktif,dengan memahami inti masalah dan kemudian mendeskripsikan ide-ide pendukungnya. Selanjutnya diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : 1) Peran KUA terhadap batasan usia dalam perkawinan di kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat lawang yaitu memberikan bimbingan kepada calon mempelai yang mau menikah untuk membina rumah tangga yang baikbahwa jalan yang terbaik dalam melaksanakan pernikahan yaitu berdasarkan Undang-Undang no 16 tahun 2019 atas perubahan Undang-Undang No 1 tahun 1974 tantang perkawinan hanya di izinkan apabila pria dan wanita sudah mencapai umur 19 (sembilan belas) tahun. Pentingnya pendewasaan usia perkawinan adalah agar setiap pasangan mempunyai kematangan dalam segala aspek di antaranya kesiapan psikis, pisik, ekonomi, sosial, dan pendidikan sebelum mengarungi bahtera rumah tangga agar tercipta stabilitas perkawinan menjadikan rumah tangga sakinah mawaddah warohmah, dan mencegah kegagalan perkawinan yang di hindari. 2) Pendidikan Sebagian besar perkawinan anak menyebabkan anak putus sekolah, sehingga menghambat capaian Wajib Belajar 12 Tahun. kesehatan Hal ini terkait kondisi kesehatan reproduksi seorang anak jika memiliki anak, pemenuhan gizinya ketika mereka juga harus mengasuh anak mereka, bahkan hal terburuk adalah risiko kematian ibu dan anak.Ekonomi Seorang anak yang menikah pada usia anak susah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak untuk menafkahi keluarganya, mendapatkan upah yang rendah, lalu akhirnya memunculkan kemiskinan dan masalah pekerja anak. Kata kunci : Perkawinan, KUA, Batasan usia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: prayoga - -
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:31
Last Modified: 02 Nov 2023 01:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32098

Actions (login required)

View Item View Item