PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LPKA KELAS 1 PALEMBANG

Aprilia, Zaleha (2023) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LPKA KELAS 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
BAB I - V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Role Play dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Didik Pemasyarakatan di LPKA kelas 1 Palembang”. Keterampilan sosial memiliki peran yang cukup penting yang mana akan membantu untuk lebih berani ketika berada dilingkungan orang baru, dapat mempermudah berinteraksi serta memudahkan dalam hal penyampaian dalam hal apapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran keterampilan sosial dan bagaimana strategi penerapan bimbingan kelompok teknik role play dalam meningkatkan keterampilan sosial anak didik pemasyarakatan di LPKA kelas 1 Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan jeis field research. Subjek penelitian yang di ambil memiliki tujuh subjek penelitian yakni anak didik pemasyarakatan di LPKA kelas 1 Palembang yang memiliki keterampilan sosial yang kurang baik dalam hal kesulitan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Hasil dari penelitian tersebut adalah gambaran keterampilan sosial Anak Didik Pemasyarakatan di LPKA kelas 1 Palembang, berdasarkan hasil yang dilakukan dilapangan, hasil yang telah didapatkan dari ketujuh klien, maka anak didik tersebut memiliki keterampilan sosial yang tidak sama rata arinya masih terlihat jelas kurangnya keterampilan sosial tersebut. strategi penerapan yang dilakukan dalam menerapkan bimbingan kelompok teknik role play dalam meningkatkan keterampilan sosial yakni yang pertama adalah memanfaatkan dinamika kelompok, kedua yakni merupakan tahap pencegahan dan terakhir tahap evaluasi yakni anggota kelompok ditujukan agar dapat mengetahui sebaik atau seberhasil apakah proses yang telah di laksanakan. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan kelompok teknik role play dalam meningkatkan keterampilan sosial dapat membaantu dalam meningkatkan keterampilan sosial pada anak didik pemasyarakatan di LPKA kelas 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Role Play, Keterampilan Sosial.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: ZALEHA APRILIA 1930503091
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:27
Last Modified: 06 Nov 2023 01:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32181

Actions (login required)

View Item View Item