ANALISIS KONSEP IJĀRAH PADA JASA TANGKAP LAYAR (SCREENSHOT) TELEPON SELULER IPHONE PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS C2_STORE KOTA PALEMBANG)

Kautsarrany, Asti Dwina (2023) ANALISIS KONSEP IJĀRAH PADA JASA TANGKAP LAYAR (SCREENSHOT) TELEPON SELULER IPHONE PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS C2_STORE KOTA PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Slideshow
skripsi kompres.pdf
Restricted to Registered users only until 4 November 2028.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini yang berjudul “Analisis Konsep Ijārah Pada Jasa Tangkap Layar Telepon Seluler iPhone Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus C2_Store Kota Palembang)” diangkat dari fenomena banyak nya sedia jasa screenshot layar iPhone dan penggunaan dari jasa ini di media sosial. Terdapat dari pelaku jasa melakukan yang tidak memiliki syarat ketentuan khusus ataupun perjanjian antara konsumen yang dimana layanan jasa ini masuk ke hal privasi. Permasalahan skripsi ini 1) Bagaimana mekanisme jasa tangkap layar ponsel IPhone pada C2_Store Kota Palembang? 2) Bagaimana perspektif Hukum Ekonomi Syariah terhadap konsep ijārah pada jasa screenshot layar IPhone?. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yakni semua sumber data-data yang dijadikan sebagai rujukan dalam penelitian ini berkaitan dengan objek skripsi, sumber data secara primer dan sekunder, serta menggunakan teknik pengumpulan data secara wawancara dan studi kepustakaan dan diambil kesimpulan akhir secara deduktif, yaitu menarik kesimpulan dari pernyataan umum ke pernyataan khusus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal, 1) Dalam penjelasan mekanisme terhadap jasa tangkap layar ponsel iPhone pada akun c2_store kota Palembang yaitu ada dua tahap a) pemesanan melalui chat pribadi; b) pemesanan via aplikasi shopee biaya layanan dari tiap-tiap jasa sudah dilampirkan dengan jelas, pada praktik nya dari pihak penyedia jasa dalam beberapa layanan tidak menginformasikan dengan jelas tentang log-out pada akun kepada konsumen. 2) Ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah terhadap jasa screenshot layar iPhone oleh c2_store masuk dalam kategori akad ijārah, dilihat dari rukun dan syarat ijarah itu sendiri a) Aqid, terdiri dari mu’jir adalah konsumen dari jasa, mustajir adalah pemilik jasa screenshot c2_store tersebut; b) Sighat, ijab dan qabul nya sudah sangat jelas; c) ujrah, harga sudah tertera jelas; d) manfaat, manfaat yang diperoleh lebih banyak mudharat nya daripada manfaat positif, jadi jasa screenshot oleh c2_store merupakan akad dari ijarah namun salah satu rukun dan syarat nya tidak lah terpenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ijārah, Tangkap Layar, iPhone, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: ASTI DWINA KAUTSARRANY 1920104047
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:28
Last Modified: 06 Nov 2023 01:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32199

Actions (login required)

View Item View Item