Teknik Realistis Dalam Mengatasi Internet Asperger Syndrome (Studi Kasus Pada Klien "A" Di Desa Air Batu Kec. Talang Kelapa Kab. Banyuasin)

Prasasti, Juwita (2023) Teknik Realistis Dalam Mengatasi Internet Asperger Syndrome (Studi Kasus Pada Klien "A" Di Desa Air Batu Kec. Talang Kelapa Kab. Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (78kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan teknik realitas dalam mengatasi Internet Asperger Syndrome. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Internet Asperger Syndrome yang dialami oleh klien “A” dan bagaimana penerapan teknik realitas dalam mengatasi Internet Asperger Syndrome pada klien “A”. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus Robert K Yin. Teknik analisis data untuk studi kasus, yaitu: penjodohan pola, ekplanasi, dan analisis deret waktu. Data yang digunakan dapat diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Sumber data dalam penelitian ini diambil dari sumber primer yaitu klien “A” yang mengalami Internet Asperger Syndrome dan sumber sekunder diambil dari ibu dan teman klien “A”. Hasil penelitian, 1) gambaran Internet Asperger Syndrome yang dialami klien “A” aspek, a) salience: memikirkan aktivitas online dan sulit tidur, b) mood change: perasaan buruk ketika tidak online, c) tolerance: penggunaan internet lebih tinggi, d) withdrawal synmptoms: perasaan tidak menyenangkan, e) conflict: kurangnya kontrol dan sulit berinteraksi sosial, f) relapse: perilaku yang berulang. 2) penerapan teknik realitas dalam mengatasi Internet Asperger Syndrome pada klien “A” dilakukan dengan delapan tahapan yaitu: a) konselor menunjukkan keterlibatan dengan konseli (be friend), b) fokus pada perilaku sekarang, c) mengeksplorasi total behavior konseli, d) konseli menilai diri sendiri atau melakukan evaluasi, e) merencanakan tindakan yang bertanggung jawab, f) membuat komitmen, g) tidak menerima permintaan maaf atau alasan konseli, dan h) tindak lanjut. Setelah diterapkan teknik realitas terhadap klien “A” mampu untuk meminimalisir kebiasaan buruknya pada internet, akan tetapi masih sulit untuk pulih dari gangguan Internet Asperger Syndrome nya tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Teknik Realistis, Internet Asperger Syndrome
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: JUWITA PRASASTI 1920502050
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:07
Last Modified: 07 Nov 2023 03:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32219

Actions (login required)

View Item View Item