Praktik Jual Beli Tanah Menurut Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Tanah Sengketa Warisan di Jalan Jepang Kecamatan Kertapati Kota Palembang)

Karima, Wahidatul (2023) Praktik Jual Beli Tanah Menurut Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Tanah Sengketa Warisan di Jalan Jepang Kecamatan Kertapati Kota Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy

Abstract

Dalam hukum Islam, jual beli dapat dikatakan sah jika telah memenuhi syarat dan rukun jual beli sedangkan dalam hukum agraria, jual beli tanah dapat dikatakan sah jika telah memenuhi syarat materil dan formil. Dalam pelaksanaan jual beli tanah di Jalan Jepang Kecamatan Kertapati Kota Palembang dilakukan tanpa melalui notaris atau PPAT. Dari latar belakang tersebut penulis menggunakan dua rumusan masalah dalam penelitian. Pertama, bagaimana hukum ekonomi syariah terhadap praktik jual beli? dan yang kedua, bagaimana menurut hukum ekonomi syariah terhadap jual beli tanah sengketa warisan di Jalan Jepang RT. 29 RW. 10 Kecamatan Kertapati Kota Palembang? Penelitian ini mencoba mengetahui apakah Praktik jual beli tanah serta pemanfaatan nya telah memenuhi syarat secara Hukum Ekonomi Syari’ah. Maka praktik jual beli harus memenuhi rukun dan syarat jual beli, diantaranya terkait syarat jual beli ialah syarat barang diperjualbelikan yaitu barang tersebut bermanfaat, suci tidak najis, dapat dipindahkan, milik si penjual, apabila tidak memenuhi salah satu syarat jual beli maka hukumnya Fasid atau batal secara hukum, agar dapat menghindari unsur-unsur Gharar, Maisir, Riba, dan Eksploitasi (Ketidakadilan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa sengketa ini terjadi antara Bapak A.Darussalam dan Bapak Marlie Fianto, yang mana pembeli diketahui karena kurangnya pemahaman beliau terhadap tata cara jual beli dalam syariat Islam dan dilatarbelakangi oleh kebutuhan uang. Hal ini dipandang tidak sah serta penerapan prinsip-prinsip syariah terhadap praktik jual beli tanah di Jalan Jepang Kecamatan Kertapati Kota Palembang, belum sesuai dengan Hukum Ekonomi Syariah, karena masih terdapat unsur Gharar yaitu jual beli yang mengandung unsur penipuan yang dapat menimbulkan dengki, konflik dan permusuhan di antara kaum muslimin karena tidak ada kejelasan kepemilikan tanah yang dijual dan menimbulkan sengketa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Hukum Ekonomi Syari’ah, Sengketa
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: WAHIDATUL KARIMA 1930104215
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:07
Last Modified: 07 Nov 2023 03:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32283

Actions (login required)

View Item View Item