PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK THOUGHT STOPPING DALAM MENGATASI KECANDUAN K-POP (Studi Kasus Pada Klien “N” Di Desa Sukajadi Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim)

Relita, Liah (2023) PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK THOUGHT STOPPING DALAM MENGATASI KECANDUAN K-POP (Studi Kasus Pada Klien “N” Di Desa Sukajadi Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
LIAH COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
LIAH ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
LIAH BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
LIAH BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text
LIAH BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
LIAH BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
LIAH BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
LIAH DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Kecanduan Kpop merupakan hal yang bertentangan dengan ajaran Islam. Kecanduan Kpop dapat mengakibatkan seseorang menjadi terlalu berlebihan atau terobsesi terhadap idola yang disukainya. Untuk mengetahui gambaran kecanduan K-Pop pada klien “N”, untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan kecanduan K-Pop pada klien “N” dan untuk mengetahui penerapan konseling individu dengan teknik thought stopping dalam mengatasi kecanduan K-Pop pada klien “N”. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian yaitu klien “N”. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi perjodohan pola, ekplanasi, dan analisis deret waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran kecanduan Kpop pada klien “N” mulai mengikuti gaya idolanya seperti saat berpose untuk foto, mengetahui nama-nama anggota boyband dan girlband Korea yang disenangi, lebih banyak musik Korea dibandingkan musik Indonesia di playlist ponsel, mengetahui segala informasi idolanya, mengkhayal idolanya adalah pasangannya, dan mudah cemburu. faktor penyebab kecanduan Kpop pada klien “N” yakni dari lingkungan yang kurang terkontrol, pengaruh dari teman-temannya, keinginan dari diri sendiri, dan rasa bosan yang dirasakan ketika berada dirumah. Pelaksanaan konseling individu dengan teknik thought stopping dilakukan dengan tiga tahapan yaitu tahap awal, tahap tengah, dan tahap akhir. Konseling yang diberikan sebanyak 6x pertemuan dapat mengatasi kecanduan Kpop pada klien “N” di Desa Sukajadi tidak lagi cemburu, tidak lagi histeris ketika melihat idolanya dimedia sosial, tidak lagi menonton video idolanya, sudah tidak lagi menganggap idolanya sebagai pasangannya dan sudah mulai melakukan hal-hal positif seperti menonton ceramah. Kata kunci: konseling individu, thought stopping, kecanduan K-Pop

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: konseling individu, thought stopping, kecanduan K-Pop
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: LIAH RELITA 1730502097
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:11
Last Modified: 08 Nov 2023 01:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32322

Actions (login required)

View Item View Item