Perspektif Hukum Pidana Islam Terhadap Pelaku Tindak Pidana Cyberbullying Berdasarkan Undang-undang No. 19 Tahun 2016 Tentang Informasi Transakasi Elektronik

Tyara Selky, Putri (2023) Perspektif Hukum Pidana Islam Terhadap Pelaku Tindak Pidana Cyberbullying Berdasarkan Undang-undang No. 19 Tahun 2016 Tentang Informasi Transakasi Elektronik. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK UPLOAD REPISITORY.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER UPLOAD REPISITORY.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 UPLOAD REPISITORY .pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II UPLOAD REPISITORY .pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III UPLOAD REPISITORY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV UPLOAD REPISITORY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAPUS UPLOAD REPISITORY.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Munculnya berbagai media sosial baru dengan berbagai macam dan kegunaan yang digunakan oleh masyarakat luas tanpa sadar mengakibatkan masyarakat melakukan Cyberbullying. Karena mayoritas dari mereka tidak tahu bahwasannya Cyberbullying bisa dikenakan hukuman dengan acuan Undang-undang Informasi Transaksi Elektronik. Penelitian ini yaitu berjudul Perspektif Hukum Pidana Islam Terhadap Pelaku Tindak Pidana Cyberbullying Berdasarkan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi Transaksi Elektronik. Kajian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian hukum studi kepustakaan (library research), Dua hal yang diangkat sebagai fokus penelitian ini yaitu, Pertama. Bagaimana Pertanggungjawaban pelaku tindak pidana cyberbullying. Kedua, Bagaimana Perspektif hukum pidana Islam terhadap pelaku tindak pidana cyberbullying. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sanksi dan pertanggungjawaban pelaku tindak pidana cyberbullying serta mengetahui bagaimana perspektif hukum pidana Islam terhadap pelaku tindak pidana cyberbullying. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan yuridis normatif yang bersifat deskriftif analisis komparatif. Data yang digunakan berasal dari Peraturan Perundang-undangan yang berlaku, baik dari hukum positif maupun hukum pidana Islam. Sanksi Tindak Pidana cyberbullying diatur secara khusus, dikarenakan tindak pidana cyberbullying terjadi pada lingkup cyberspace, maka dalam pengaturannya tidak dapat menggunakan KUHP, melainkan menggunakan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi Transaksi Elektronik sebagai acuannya. Cyberbullying dalam Undang-undang Informasi Transaksi Elektronik dapat ditemukan pada Pasal 27 ayat (1), ayat (3), ayat (4), Pasal 29 dan Pasal 45 sebagaimana telah ditentukan mengenai ketentuan pidana bagi pelaku tindak pidana cyberbullying.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: PUTRI TYARA SELKY 1930103169
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:11
Last Modified: 09 Nov 2023 07:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32336

Actions (login required)

View Item View Item