Pandangan Hakim Terhadap Pengaturan Syahadah Al-Istifadhah Dalam Perkara Itsbat Nikah (Studi di Pengadilan Agama Pengkalan Balai Banyuasin)

Sodikin, Ali (2023) Pandangan Hakim Terhadap Pengaturan Syahadah Al-Istifadhah Dalam Perkara Itsbat Nikah (Studi di Pengadilan Agama Pengkalan Balai Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Skripsi Final Ali Sodikin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Skripsi Final Ali Sodikin.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Final Ali Sodikin.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saksi adalah orang yang memberikan keterangan di muka pengadilan dengan memenuhi syarat-syarat tertentu tentang suatu peristiwa atau keadaan yang ia lihat, dengar dan alami sendiri sebagai bukti kejadiannya peristiwa atau keadaan tersebut. Namun, bagaimana apabila saksi yang diajukan didalam perkara itsbat nikah dimana saksi tidak melihat atau mengalami secara langsung peristiwa melainkan mendengar dari orang lain (Syahadah Istifadhah). Secara formil saksi ini dapat diterima, tetapi secara materil saksi ini ditolak. Metode Penelitian yang dipakai penulis adalah field research atau lapangan bias juga disebut kualitatif maka dari itu, penulis melakukan penelitian di Pengadilan Agama Pangkalan Balai, mengenai sumber data penulisan memilih sumber data primer yaitu hakim dan sumber data sekunder yaitu berasal dari beberapa buku referensi. Teknik pengumpulan data yang dipakai ialah wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu faktor yang digunakan Syahadah Istifadhah dalam perkara itsbat nikah antara lain, saksi langsung dalam peristiwa sudah meninggal atau sudah tidak diketahui lagi keberadaannya. Tidak ada alat bukti lagi selain Syahadah Istifadhah. pandangan para hakim Pengadilan Agama Pangkalan Balai terhadap pengaturan saksi Istifadhah dalam perkara itsbat nikah sifatnya kasuistis tidak semua perkara itsbat nikah dibenarkan Istifadhah (de aditu) tersebut, kasus yaang dimaksud terkhusus terhadap perkara itsbat nikah. Dengan diterimanya melalui alasan eksepsional yang kemudian dikonstruksi sebagai persangkaan. Bukti persangkaan ini menyimpulkan terbuktinya fakta peristiwa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Syahadah Al-Istifadhah, Itsbat Nikah, Pandangan Hakim
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: ALI SODIKIN 1820101034
Date Deposited: 09 Nov 2023 08:23
Last Modified: 09 Nov 2023 08:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32373

Actions (login required)

View Item View Item