KELIMPAHAN ZOOPLANKTON DI PERAIRAN SUNGAI SEKANAK KOTA PALEMBANG DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI KEANEKARAGAM HAYATI KELAS X SMA/MA

Rahma Pradani, Dian (2023) KELIMPAHAN ZOOPLANKTON DI PERAIRAN SUNGAI SEKANAK KOTA PALEMBANG DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI KEANEKARAGAM HAYATI KELAS X SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, Uin raden fatah palembang.

[img] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
bab v.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy

Abstract

Keanekaragaman hayati merujuk pada keragaman berbagai bentuk kehidupan di bumi, termasuk berbagai tumbuhan, hewan, mikroorganisme, gen yang dikandungnya, dan ekosistem yang mereka bentuk. Zooplankton merupakan organisme yang memiliki daya gerak terbatas dan distribusinya ditentukan oleh kondisi fisika, kimia dan biologi di suatu perairan. Sungai Sekanak mengalami pencemaran, dimana terjadi perubahan fisik air diantaranya perubahan pada warna air sungai yang kehitaman dan berbau menyengat. Buku penuntun praktikum adalah sebuah buku yang disusun untuk membantu pelaksanaan praktikum yang memuat judul percobaan, tujuan, dasar teori, alat dan bahan, dan pertanyaan yang mengarah pada tujuan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelimpahan zooplankton di perairan sungai sekanak, dan juga untuk mengetahui indeks keanekaragaman, indeks keseragaman dan indeks dominan, serta membuat media pembelajaran buku panuntun pratikum. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode purposive sampling dengan 3 lokasi stasiun yang mewakili sungai sekanak dan metode pengembangan media menggunakan model ADDIE yang dibasasi hanya development dilakukan pada bulan April sampai Mei 2023. Hasil penelitian menunjukkan kelimpahan zooplankton berdasarkan stasiun diperoleh kelimpahan rata-rata 21.229-26.539, dengan indeks keanekaragaman memiliki nilai antara 1,587-2,008, indeks keseragaman memiliki nilai antara 0,689-0,872, dan indeks dominansi memiliki nilai antara 0,143-0,209. Hasil penelitian yang didapatkan dijadikan media dalam pembelajaran biologi berupa buku penuntun pratikum dengan nilai rata-rata validasi 90,7% memperoleh kriteria yang sangat layak sehingga dapat diterapkan di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Sungai Sekanak, Zooplankton, Kelimpahan, Buku Penuntun Pratikum
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat
500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat > Biologi
500 Sains dan Matematika > 590 Zoologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: DIAN RAHMA PRADANI 1930207089
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:26
Last Modified: 29 Jan 2024 01:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32400

Actions (login required)

View Item View Item