PERAN WARTAWAN DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA MELALUI BERITA PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM INSTANSI BERITA HARIAN @BISNISCOM.SUMBAGSEL

RADEN AYU RIZKHA APRILIZA, RIZKHA (2023) PERAN WARTAWAN DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA MELALUI BERITA PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM INSTANSI BERITA HARIAN @BISNISCOM.SUMBAGSEL. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1_HALAMAN JUDUL (COVER).pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2023.

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
2_ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2023.

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
3_BAB 1-BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2023.

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
5_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2023.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Wartawan dalam Mempromosikan Wisata Melalui Berita Pada Media Sosial Instagram @Bisniscom.sumbagsel”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran wartawan dalam mempromosikan wisata melalui bentuk berita yang dilihat dari media sosial Instagram instansi berita Bisnis Indonesia Sumbagsel yaitu @Bisniscom.sumbagsel. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai empat orang jurnalis Bisnis Indonesia Sumbagsel secara langsung sebagai informan, studi kepustakaan, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul akan dianalisis melalui tiga tahap yaitu, mereduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan yang disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori peran wartawan dari berbagai ahli dan teori promosi Basu Swastha dan Irawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mempromosikan wisata termasuk peran wartawan dalam melakukan tugasnya. Bisnis Indonesia Sumbagsel sangat berperan sebagai media informasi dengan mempromosikan informasi wisata melalui berita yang mereka buat dan dapat dijadikan sebagai referensi masyarakat yang hendak plesiran. Tidak hanya sebagai bahan referensi, tetapi juga berita wisata dapat menjadi media hiburan dan memiliki peran penting sebagai kontrol sosial bagi khalayak ramai. Dengan keberadaan sosial media Instagram sangat mempermudah instansi berita seperti Bisnis Indonesia Sumbagsel dalam mempublikasikan berita melalui Instagramnya yaitu @bisniscom.sumbagsel. Bisnis Indonesia juga melakukan metode promosi agar berita wisata yang dibuat mendapatkan banyak pengunjung yaitu dengan menggunakan metode memberitahu dan membujuk. Bisnis Indonesia Sumbagsel diharapkan tetap selalu update berita mengenai informasi wisata secara up to date, akurat berdasarkan realita yang sebenarnya, dan terus meningkatkan kualitas berita wisata dengan selalu update video konten wisata di Instagram maupun sosial media lainnya agar bisa membantu pemerintah dalam hal meningkatan kunjungan wisata di Sumatera Selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Jurnalistik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: Raden Ayu Rizkha Apriliza
Date Deposited: 09 Nov 2023 08:23
Last Modified: 09 Nov 2023 08:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32420

Actions (login required)

View Item View Item