Potensi Uji Ekstrak Daun Pare (Momordica charantia) terhadap Mortalitas Kutu Rambut (Pediculus humanus capitis) dan Sumbangsihnya Pada Materi Bioteknologi Kelas XII SMA/MA

Asy'ari, Farhan (2023) Potensi Uji Ekstrak Daun Pare (Momordica charantia) terhadap Mortalitas Kutu Rambut (Pediculus humanus capitis) dan Sumbangsihnya Pada Materi Bioteknologi Kelas XII SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Slideshow
SKRIPSI FARHAN ASY'ARI (1930207099).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kutu rambut (Pediculus humanus capitis) merupakan serangga yang menginfeksi rambut yang menyebabkan rasa gatal dan luka pada area kepala. Salah satu cara yang digunakan untuk mengendalikan infeksi oleh kutu rambut (Pediculus humanus capitis) yaitu dengan menggunakan insektisida nabati dari tumbuhan. Pada penelitian ini menghasilkan sumbangsih bagi dunia pendidikan yakni Poster. Poster merupakan kombinasi visual dari rancangan yang kuat dengan warna dan pesan yang bertujuan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang mungkin cepat dilupakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh ekstrak daun pare (Momordica Christina) terhadap mortalitas kutu rambut (Pediculus humanus capitis) serta untuk mengetahui konsentrasi optimum ekstrak daun pare (Momordica charantia) dalam mortalitas kutu rambut (Pediculus humanus capitis). Jenis penelitian rancangan acak lengkap (RAL). Sampel yang digunakan yakni kutu rambut (Pediculus humanus capitis) yang diuji dengan ekstrak daun pare (Momordica charantia) menggunakan 5 perlakuan P0 (kontrol negatif 0%), P1 (25%), P2 (50%) dan P3 (75%), P4 (100%), dengan 5 kali pengulangan dalam waktu 1 jam. Uji one way ANOVA menunjukan ekstrak daun pare (Momordica charantia) memberikan pengaruh terhadap mortalitas kutu rambut (Pediculus humanus capitis) (Sig 0,000<0,05). Berdasarkan analisis probit LC50 konsentrasi optimum daun pare dalam menyebabkan mortalitas kutu rambut adalah pada konsentrasi 25% karena sudah dapat membunuh 50% hewan uji. Hasil validasi sumbangsih didapatkan yakni 94,5% dengan kategori sangat valid sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Daun Pare, Kutu rambut, Ekstraksi, Mortalitas, Poster
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: FARHAN ASY'ARI 1930207099
Date Deposited: 10 Nov 2023 08:02
Last Modified: 10 Nov 2023 08:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32456

Actions (login required)

View Item View Item